Daftar Juara NBA Terbanyak dan Rekor Tim Terbaik

Kompetisi liga basket NBA sudah berlangsung dari tahun 1947 hingga saat ini di musim 2019-2020. Sejumlah peraturan dan sistem sudah diperbaiki demi membuat kompetisi ini semakin kompetitif, fair, dan menarik untuk ditonton oleh seluruh pecinta basket di dunia. Sejumlah tim sudah berevolusi baik yang berubah nama, maupun pembentukan tim baru. 

Daftar Juara NBA Terbanyak
Toronto Raptors, Juara NBA 2019, Foto: NBA.com
Pada gelaran pertama NBA di musim 1946-1947 yang pada saat itu masih bernama BAA (Basketball Association of America), dua tim pertama yang mencapai final adalah Philadelphia Warriors dan Chicago Stags. Pertandingan yang berlangsung hingga 5 game tersebut dimenangkan oleh Philadelphia Warriors dengan skor akhir 4-1. Saat ini dua tim tersebut sudah berevolusi dengan Warriors menjadi Golden State Warriors setelah pindah ke Oakland dan Chicago Stags yang terhenti di 1950, saat ini di kota yang sama terbentuk tim bersejarah lain yakni Chicago Bulls yang merupakan salah satu dinasti terkuat di era 90an.

Daftar Tim NBA dengan Rekor Juara Terbanyak

Tim-tim yang memiliki rekor juara NBA terbanyak dikategorikan kedalam 7 era yakni di 1940an, 1950an, 1960an, 1970an, 1980an, 1990an, dan abad ke-21 dari 2000-2019. Boston Celtics dan Los Angeles Lakers tercatat sebagai dua tim yang paling mendominasi NBA dengan total telah meraih 33 gelar juara dari kurun waktu 70 tahun. Artinya hampir setengah dari total juara di NBA adalah miliki kedua tim tersebut. Berikut untuk 10 besar tim dengan rekor juara NBA terbanyak.

1. Boston Celtics (17 gelar juara)

Boston Celtics Juara NBA Terbanyak
Larry Bird, Legenda Boston Celtics, Foto: CNN
Boston Celtics adalah tim yang paling melegenda karena menjadi tim yang sangat mendominasi di kurun waktu 1957 hingga 1986. Dalam span 30 tahun tersebut mereka mampu meraih 16 kali gelar juara NBA dengan berbagai pemain yang melegenda seperti Bill Russell dan Larry Bird.

Sedangkan di abad ke-21 Celtics hanya mampu meraih satu gelar juara yakni pada 2008 di era Paul Pierce. Tim ini memiliki sejarah yang tak tertandingi, tak heran jika loyalis dan fansnya sangat banyak dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Celtics mewakili tim dari Eastern Conference dan memiliki roster yang selalu mampu bersaing untuk mendapatkan gelar juara dari waktu ke waktu. Tim ini total sudah mencapai NBA Finals sebanyak 21 kali dengan hanya 4 kali menderita kekalahan.

2. Los Angeles Lakers (16 gelar juara)

Los Angeles Lakers Juara NBA Terbanyak
Los Angeles Lakers era Magic Johnson - Kareem, Foto: GettyImage
Jika di eastern ada Celtics, maka di Western Lakers lah yang menjadi ikon untuk wilayah ini. LA Lakers tercatat sudah memenangi gelaran NBA sebanyak 16 kali dengan 31 kali mencapai babak finals. Dengan catatan ini Lakers terbukti sebagai raja dari western conference, meskipun di banyak partai final mereka juga sering kalah. Tim ini dikenal memiliki para legenda dengan catatan individual yang sulit untuk ditandingi seperti rekor poin Kareem Aldul-Jabbar, Triple-Double Magic Johnson, Mamba Mentality Kobe Bryant dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan Celtics, Lakers memiliki dominasi yang sangat stabil di seluruh era di NBA. Terakhir kali Lakers juara yakni di tahun 2010 ketika era Kobe Bryant. Dan musim ini Lakers mencoba untuk memenangi kompetisi itu kembali dengan mendatangkan dua bintang teratas NBA, Lebron James dan Anthony Davis. Mampukah Lakers menyamai rekor juara Celtics?

3. Golden State Warriors (6 gelar juara)

Golden State Warriors Hampton Five
Roster terbaik Golden State Warriors 2018, Foto: Forbes
Warriors merupakan tim yang dalam 5 musim terakhir paling mendominasi NBA dengan mencapai 5 babak finals secara beruntun. Tim yang saat ini bermarkas di San Francisco total telah memenangi 6 kali juara NBA sejak mereka bernama Philadelphia Warriors hingga ke era Steph Curry di tahun 2015-2019. Terakhir kali Warriors memenangi NBA yakni di tahun 2018 setelah mengalahkan Cleveland Cavaliers 4-0. Saat ini mereka masih menjadi tim yang paling ditakuti di NBA karena memiliki roster yang komplit dengan kemampuan individu yang sulit dihentikan. Warriors total telah masuk ke babak finals hingga 11 kali, dengan 5 kali mereka mengalami kekalahan.

4. Chicago Bulls (6 gelar juara)

Chicago Bulls 1996
Chicago Bulls 1996
Chicago Bulls adalah salah satu cermin dominasi dari Eastern setelah Boston Celtics. Tim ini mampu membuat 2 kali 3-peat di tahun 1991-1993 dan 1996-1998. Di era Michael Jordan dan Scottie Pippen tim ini tak terkalahkan di 6 final yang mereka jalani. Bulls juga menjadi salah satu tim dengan kolektif individu terbaik bersama Golden State Warriors. Setelah era Lakers dan Pistons berakhir, tim ini seakan tak terbendung hingga akhirnya terhenti di tahun 1999.

5. San Antonio Spurs (5 gelar juara)

San Antonio Spurs - Tim Duncan Tony Parker Ginobilli
Gelar Pertama San Antonio Spurs, Foto: NBA
Tim yang mendapatkan seluruh gelar juara bersama pelatih Gregg Popovich ini merupakan salah satu tim yang memiliki kekuatan paling stabil selama lebih dari 20 tahun. Tak ada satupun tim yang mampu mempertahankan eksistensi di tingkat atas seperti San Antonio Spurs yang juga melewati era Lakers Shaq, hingga Lebron di Miami. Spurs hingga sekarang masih menjadi penantang serius di Western Conference. Pemain yang paling melegenda untuk Spurs adalah Tim Duncan. Spurs total mencapai finals sebanyak 6 kali dengan hanya sekali mengalami kekalahan.

6. Philadelphia 76ers (3 gelar juara)

Philadelphia 76ers 1986
Philadelphia 76ers 1986
Philadelphia merupakan penantang nyata untuk Celtics di era 50-70an, tim ini telah memenangi NBA sebanyak 3 kali di tahun 1955, 1967, dan 1983. Serta telah mencapai finals sebanyak 9 kali dengan 6 kali menderita kekalahan. Philadelphia menjadi salah satu tim yang dikenal dengan tradisi juara dan pemain-pemain bertalenta menarik seperti Wilt Chamberlain di eranya. Musim ini 76ers juga mempunyai salah satu roster paling komplit di NBA wilayah timur.

7. Detroit Pistons (3 gelar juara)

Detroit Pistons 1989
Detroit Pistons 1989, Foto: Allsport
Pistons dikenal sebagai tim yang mampu menghentikan dominasi Magic Johnson bersama Lakers di akhir 80an. Tim ini juga memiliki tradisi defense yang menakutkan, bahkan di awal karir Michael Jordan, sang pemain tak mampu berbuat banyak ketika menghadapi para guard Pistons yang dipimpin legenda Isiah Thomas. Terakhir kali Pistons mendapat gelar juara yakni di tahun 2004 yang kala itu mampu mengalahkan Los Angeles Lakers. Pistons telah mencapai finals sebanyak 7 kali dengan 4 kali mengalami kekalahan.

8. Miami Heat (3 gelar juara)

Miami Heat 2013
Miami Heat 2013, Foto: NBA
Miami sangat dikenal dengan kombinasi Lebron dan D-Wade dimasa keemasannya. Meski begitu Miami telah terlebih dahulu menjuarai NBA di tahun 2006 melalui salah satu peforma mengesankan Dwayne Wade. Heat juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan 3peat di tahun 2014 sebelum pada akhirnya dihentikan oleh Spurs di final. Miami Heat tercatat sebagai tim paling dominan terakhir sebelum Golden State Warriors.

9. New York Knicks (2 gelar juara)

New York Knicks 1973
New York Knicks 1973
Knicks memiliki arena paling bersejarah yakni Madison Square Garden yang menjadi salah satu kiblat bagi bola basket di seluruh dunia. Tim ini juga telah menjadi juara di tahun 1970 dan 1973. Sayangnya setelah itu Knicks tak mampu meraih gelar lagi, dan terakhir hanya mampu mencapai finals. Tim ini telah 8 kali mencapai babak finals dengan 6 kali mengalami kekalahan. Knicks menjadi salah satu tim yang kurang beruntung dalam catatan gelar.

10. Houston Rockets (2 gelar juara)

Houston Rockets 1994-1995
Houston Rockets 1994-1995, Foto: GettyImage
Rockets menjadi salah satu tim dengan peforma paling menarik di abad ke-21. Terakhir kali Rockets mendapat gelar yakni di era Hakeem Olajuwon yakni persis di tengah dinasti Chicago Bulls pada 1994 dan 1995. Musim ini Rockets memiliki roster yang sangat bagus untuk dapat mencoba kembali masuk ke babak finals setelah beberapa musim terakhir selalu kandas di tangan Golden State di babak playoff. Rockets merupakan salah satu tim yang memiliki fanbase yang besar.

Tim-tim lain yang berhasil mendapatkan gelar juara NBA masing-masing 1 kali adalah Cleveland Cavaliers (2016), Atlanta Hawks (1958), Oklahoma City Thunder (1979), Portland Trail Blazers (1977), Milwaukee Bucks (1971), Dallas Mavericks (2011), Baltimore Bullets (1948), Sacramento Kings (1951) dan yang paling terbaru Toronto Raptors di tahun 2019.