20 Jenis Pelanggaran dalam Bola Basket dan Hukumannya

Dalam permainan bola basket terdapat sejumlah istilah yang digunakan saat terjadi pelanggaran yang melibatkan pemain maupun pelatih di pinggir lapangan. Pelanggaran ini umumnya mengacu pada kesalahan yang dilakukan oleh pemain baik saat fase possesion (memegang bola) maupun saat melakukan taktik bertahan. 

Macam Jenis Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket
Zion Williamson mendapatkan shooting foul, Foto: GettyImage
Pergerakan bola yang sangat cepat membuat sang official pertandingan yakni wasit harus secara cermat mengambil setiap keputusan yang ada, terutama jika terjadi pelanggaran saat pertandingan tengah berlangsung. Bagi tim yang melakukan pelanggaran biasanya akan menerima hukuman berupa lemparan kedalam hingga free throw. Namun jika pelanggarannya berupa technical foul, maka baik pemain maupun pelatih bisa saja diusir dari pertandingan jika menerima dua kali technical foul dalam satu pertandingan.

Macam-Macam Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

Ada lebih dari 20 jenis pelanggaran di olahraga bola basket ini yang istilah-istilahnya perlu anda ketahui. Dari tiap pelanggaran ini terdapat hukuman dari yang paling ringan seperti turnover, hingga yang  paling berat seperti fouled out dan skorsing. Berikut beberapa istilah dari pelanggaran yang ada dalam permainan bola basket:

1. Personal Foul

Pelanggaran perseorangan adalah pelanggaran yang paling umum dan sering terjadi dalam sebuah pertandingan. Di NBA, tiap pemain memiliki jatah maksimal melakukan personal foul sebanyak 5 kali, jika terjadi pelanggaran ke-6 maka sang pemain akan dikeluarkan dari pertandingan tersebut (foul out).
Hukuman dari personal foul ini adalah lemparan kedalam, free throw, dan foul out.

2. Team Foul

Pelanggaran tim adalah jenis pelanggaran yang dilakukan secara kumulatif oleh satu tim. Contohnya jika 5 pemain tim A melakukan masing-masing satu pelanggaran, maka total team foul yang dihitung adalah 5 kali team foul.
Hukuman dari team foul ini bersifat per kuarter, jika team foul yang dikumpulkan kurang dari 5 kali di satu kuarter, maka hukumannya adalah lemparan kedalam. Sedangkan jika sudah 5 kali maka akan berupa free throw. Namun syarat ini tak berlaku untuk beberapa kategori team foul lain seperti shooting foul & blocking foul.

3. Technical Foul

Pelanggaran teknikal ini merupakan salah satu jenis pelanggaran jenis berat dalam permainan basket. Biasanya pelanggaran ini terjadi karena sang pemain mengeluarkan kata-kata kasar kepada official pertandingan, melakukan gerakan yang berlebihan, bermain tak semestinya, dan memicu perkelahian antar pemain. Selain pemain, pelanggaran ini juga berlaku untuk pelatih dan official tim.
Hukuman dari Technical foul yakni jika dua kali mendapatkan jenis pelanggaran ini maka akan langsung dikeluarkan dari pertandingan (Ejected). Serta hadiah free throw untuk lawan.

4. Offensive Foul

Yakni pelanggaran yang terjadi karena pemain yang berada pada posisi menyerang melakukan tabrakan pada pemain bertahan lawan yang sudah memiliki posisi defense yang benar. Pelanggaran ini biasanya sangat merugikan karena menghilangkan possesion ball.
Hukuman dari offensive foul adalah perpindahan bola (turnover).

5. Blocking Foul

Yakni pelanggaran yang terjadi karena pemain dengan sengaja menghentikan pemain lawan dengan cara menutup gerakan secara tiba-tiba yang membuat pemain lawan kehilangan keseimbangan untuk melakukan shooting.
Hukuman dari blocking foul adalah free throw.

6. Flagrant Foul

Yakni jenis pelanggaran yang tidak etis, yakni karena pemain dengan sengaja ingin menciderai pemain lawan atau melakukan pukulan pada tubuh lawan saat sama-sama berduel. Pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran jenis berat dan bisa mendapatkan skorsing.
Hukuman dari flagrant foul adalah free throw, technical foul, foul out, hingga skorsing.

7. Travelling Foul

Yakni pelanggaran yang dilakukan oleh pemain yang melakukan 2 langkah lebih tanpa melakukan dribble. Pelanggaran jenis ini sangat umum terjadi di level junior. Sedangkan di kompetisi NBA, pelanggaran ini biasanya terjadi pada pemain yang kebingungan mencari ruang tembak sehingga melakukan step back yang berlebihan.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

8. Three Seconds Violation

Adalah jenis pelanggaran yang diakibatkan kelalaian pemain untuk melakukan gerakan di paint area selama 3 detik. Jadi baik saat defense maupun offense, pemain yang berdiri di area ini harus aktif melakukan gerakan, atau jika selama 3 detik tak bergerak maka terjadi pelanggaran.
Hukuman untuk pelanggaran ini adalah lemparan ke dalam atau free throw.

9. Back Court Violation

Adalah pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan dribble bola kembali ke wilayah pertahanan setelah melewati garis tengah lapangan.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

10. Foul Out

Adalah hukuman untuk pemain yang telah menerima 6 kali personal foul dalam satu pertandingan sehingga sang pemain tersebut tak bisa melanjutkan pertandingan di sisa waktu pertandingan.

11. 24 Seconds Violation

Yakni pelanggaran yang diberikan karena tim tak mampu memanfaatkan batas waktu 24 detik untuk melakukan possesion yang berujung pada shooting, dunk, atau lay up untuk menambah angka.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

12. Offensive 3 Second

Yakni pelanggaran karena pemain diam selama 3 detik lebih di paint area lawan.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

13. Defensive 3 Second

Yakni pelanggaran yang diberikan karena pemain diam atau tak melakukan gerakan selama 3 detik di paint area defense pada saat lawan melakukan offense.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah 1 kali freethrow

14. Shot Clock Violation

Yakni pelanggaran saat pemain melakukan shoot tepat sepersekian detik setelah waktu 24 detik habis. Biasanya jika bola masuk maka poin tak dihitung sebagai angka tambahan.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

15. 8 Seconds Violation

Yakni pelanggaran yang disebabkan pemain melakukan dribble di wilayah sendiri melebihi 8 detik.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

16. Double Dribble

Yakni pelanggaran yang dilakukan oleh pemain karena melakukan dribble kembali setelah memutuskan berhenti untuk mendribble bola. Dari momen ini pemain harus melakukan passing atau shooting ke ring lawan.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (Turnover)

17. Pushing Foul

Yakni pelanggaran yang terjadi karena mendorong musuh yang mengakibatkan pemain musuh tak seimbang atau jatuh.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

18. Jumping Foul

Yakni pelanggaran yang terjadi karena pemain yang hendak melakukan Jump shoot membatalkannya, padahal sudah posisi pemain melompat.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

19. Carrying The Ball

Yakni kesalahan yang terjadi karena sang pemain melakukan gerakan dribble memutar bola
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)

20. Illegal Screen

Yakni pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan posisi screen dalam permainan pick and roll namun tidak dalam posisi benar atau bahkan melanggar pemain lawan.
Hukuman dari pelanggaran ini adalah perpindahan bola (turnover)