Teknik Dasar Lay Up dalam Permainan Bola Basket

Teknik Dasar Lay Up pada permainan bola basket merupakan teknik yang setiap pemain harus menguasainya karena sudah dipelajari semenjak pertama kali pemain berlatih bola basket. Gerakan pada lay up ini sangat dasar sehingga jika terjadi miss pada saat melakukannya akan sangat merugikan tim. Lay Up adalah upaya mencetak angka dengan mendorong bola ke ring basket menggunakan beragam variasi gerakan dan dilakukan secara hati-hati dengan atau tanpa bantuan backboard ring basket.

Teknik Dasar Lay Up Shoot
Kyrie Irving Lay Up, source: GettyImages.com
Lay up juga merupakan metode shoot sederhana yang paling sering digunakan karena lebih aman dari upaya block lawan apalagi jika dilakukan menggunakan pantulan backboard di ring basket lawan. Cara melakukan layup cukup mudah yakni dengan mengayunkan bola ke arah ring basket dengan variasi dribbling dan handling yang benar.

Saat pemain melakukan layup, umumnya mereka akan menambah kecepatan saat langkah terakhir dribble dengan tujuan untuk mendekatkan bola dengan ring basket. Metode defense di semua kompetisi basket normalnya membiarkan pemain lawan untuk memegang bola hingga di garis 3-point. Setelah itu defender akan melakukan upaya steal atau menghentikan serangan pemain lawan dengan cara trap ataupun menjaga dengan ketat agar shootingnya meleset.

Saat ball handler berada di dalam 3 point area maka akan sangat sulit untuk memegang bola dengan santai. Salah satu pilihannya adalah melakukan dribble cepat untuk membawa bola sedekat mungkin kearah ring basket.  Variasi gerakan bisa dilakukan dengan crossover, post move, euro step dan gerakan lainnya. Namun yang pasti, setelah dribble terakhir maksimal langkah kaki adalah dua kali. Selebihnya akan dianggap travel foul.

Layup bisa dilakukan di situasi terbuka, yakni di momen transisi dari defense ke offense ataupun pergerakan tanpa bola yang mampu meloloskan diri dari penjagaan. Sementara jika layup digunakan dari sisi yang sulit, yakni dengan adanya defender yang menempel ketat pergerakan. Maka perlu melakukan gerakan tambahan untuk mengalahkan defender tersebut. Beragam trik bisa dilakukan asal membuat sang pemain lebih dekat ke tiang basket.

Jenis dan Macam Macam Lay Up Shoot

Layup memiliki beragam jenis tergantung dengan situasi dan gerakan lay up shoot itu sendiri. Umumnya layup dibagi seperti berikut:

Reverse Lay up

Yakni lay up shoot yang paling sering digunakan, dengan menggunakan tumpuan satu kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk menembak. Jika ingin melakukan layup dari sisi kanan ring basket menggunakan tangan kanan, maka tumpuan kaki terakhir adalah kaki kiri dengan diakhir gerakan mengayun yang rileks untuk membuat bola masuk dengan sempurna.

Power Lay up

Yakni layup shoot yang menggunakan tumpuan dua kaki sebelum melakukan ayunan tembakan bola. Power layup sering dilakukan dalam situasi yang lebih sulit, tujuannya untuk menjaga keseimbangan saat melakukan lompatan dan tembakan.

Finger Roll Lay Up

Salah satu jenis layup yang indah dan menarik, yakni gerakan memutar bola keatas seperti tembakan teardrop shot atau floater dengan jarak yang lebih dekat ke tiang basket. Layup ini juga bisa dilakukan secara langsung menuju ring basket tanpa melewati pantulan backboard basket.

Putback Lay Up

Yakni perpaduan antara offensive rebound dan lay up, saat pemain mendapatkan second chance karena pantulan bola rebound, dengan cepat sang pemain bisa melakukan reverse lay up untuk finishing (clearing)

Cara Melakukan Lay Up Shoot yang Benar


  • Saat bola telah dikuasai dengan kedua tangan, maka lakukanlah dribble untuk membuka ruang pertahanan lawan
  • Saat ingin mendekati ring basket, lakukan dengan langkah yang depat dengan kecepatan yang terus ditingkatkan
  • Ketika mendekati ring basket, maka lakukan loncatan setinggi mungkin dengan menggunakan kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk menembak bola
  • Tembakan bola secara lembut dan presisi dengan memantulkan bola tersebut ke backboard untuk mempermudah bola masuk ke ring basket
  • Setelah bola berhasil masuk maka lakukan pendaratan pada titik yang benar dengan energi yang dilepaskan dan rileks untuk mengurangi risiko cedera
  • Setelah layup masuk maka kembalilah ke posisi defense untuk menjaga posisi pemain lawan karena perpindahan possession segera dimulai

Latihan dan Cara untuk Meningkatkan Kemampuan Lay Up


  • Loncatan, semakin dekat bola yang ditembakan ke ring basket maka akan semakin tinggi persentase keberhasilan layup. Mengingat ring basket cukup tinggi, maka gerakan yang harus dilatih adalah loncatan. Meloncatlah sesering mungkin dengan menggunakan beragam alat bantu meloncat
  • Menyentuh Papan, layup dilakukan untuk mempermudah pemain yang bertubuh kecil mendapatkan poin dari ring basket. Eksekusi layup akan mudah dilakukan jika pemain telah mampu menguasai area ring basket seperti papan backboard yang penting untuk digunakan sebagai pantulan layup
  • Menembak bola, layup dapat menjadi trademark tiap pemain karena tidak semua pemain melakukan gerakan dasar yang sama saat mengambil lay up. Latihlah tembakan anda didekat ring basket baik sisi kiri, kanan, dan tengah. Lakukan juga dengan menggunakan pantulan atau layup fingeroll yang tanpa pantulan. Ulangi dan latih secara konsisten
  • Menggunakan Defender, agar latihan layup anda makin mudah diimplementasikan di pertandingan resmi, maka mintalah rekan menjadi defender untuk menjaga gerakan anda. Sehingga anda akan dituntut lebih kreatif dalam dribbling sebelum melakukan loncatan ke arah ring basket.