Putback and Tip In dalam Basket - Teknik Rebound

Putback and tip-in adalah dua istilah yang sangat sering didengar saat kita menonton pertandingan bola basket NBA. Istilah ini adalah dua hal yang berbeda yang memiliki sedikit kemiripan. Baik putback maupun tip in tergolong dalam kategori Offensive Rebound atau sering dikenal juga dengan second chance.

Putback slam dari Kristap Porzingis
Putback adalah saat pemain mendapatkan bola rebound dari board lawan dan menyelesaikan peluang tersebut tanpa melakukan dribble atau passing. Banyak yang menyebut istilah putback ini sebagai clearance dari offensive rebound yang didapatkan.

Sedangkan Tip In adalah keadaan saat bola yang sedikit keluar dari ring langsung dibantu dengan tip menggunakan satu tangan untuk diselesaikan. Pada Tip In tersebut bola tak sepenuhnya dipegang untuk menyelesaikan peluang tersebut, namun hanya menepis bola yang keluar agar masuk ke ring basket. Perbedaan dari keduanya adalah penguasaan bolanya saja, Putback menjadi bentuk nyata dari offensive rebound sedangkan Tip In bisa dikategorikan ke dalam second chance sepenuhnya.

Cara Melakukan Putback dan Tip In


  • Positioning, dalam semua teknik rebound, hal pertama yang harus dikuasai adalah positioning. Defender lawan umumnya melakukan aksi box out di dalam resticted area untuk menghindari bola rebound yang direbut lawan. Namun dengan gerakan yang cerdik, pemain-pemain offensive terutama forward dan bigman bisa mencari momentum untuk mengambil bola putback dan tip in
  • Leaping, teknik meloncat dibutuhkan untuk memenangkan duel rebound. Pemain dengan leaping ability yang bagus akan lebih mudah memenangkan rebound meski kalah ukuran.
  • Off Ball Movement, pergerakan yang memanfaatkan screen-screen yang diciptakan oleh pemain lain dapat menghindari seorang pemain dari penjagaan dan box out lawan. Terus bergerak aktif di restricted area menjadi kunci untuk memenangkan pertarungan ini.
  • Execution, saat mendapat kesempatan untuk melakukan putback dan tip in maka lakukanlah dengan baik dan benar. Jika bola yang memantul tidak jauh dari ring basket, maka tip in akan jadi opsi termudah. Sedangkan jika bola memantul sedikit jauh maka Putback slam atau Putback layup bisa menjadi opsi terbaik.


Second chance seringkali menjadi penentu kemenangan karena artinya sebuah tim tetap mampu mempertahankan possession meski shooting dari pemain di first chance gagal. Mempelajari dan menguasai teknik ini akan sangat menguntungkan untuk tim yang haus kemenangan.