Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Basket Terlengkap

Permainan bola basket adalah salah satu olahraga yang paling populer di dunia dan sudah dimainkan dari usia junior hingga ke level profesional. Dasar dan teknik olahraga ini bertumpu pada kemampuan olah bola menggunakan kedua tangan dengan kombinasi gerakan seluruh tubuh. Permainan bola basket ini bahkan menjadi cabang olahraga terpopuler di Amerika Serikat, yang terkenal dengan kompetisi junior baik di level sekolah, level kuliah NCAA, dan salah satu kompetisi terakbar NBA.

Tujuan Permainan Bola Basket
Long Beach basketball, tujuan dan manfaat bermain basket
Adapun tujuan dan manfaat olahraga ini terbagi dalam beberapa kategori yakni tujuan permainan secara tim, individu, dan manfaat secara umum untuk kesehatan. Gerakan dari permainan bola basket mengharuskan seluruh otot tubuh bekerja lebih cepat, untuk otot kaki sebagai tumpuan untuk meloncat dan melakukan pivot/dribbling, serta tangan untuk memadukan berbagai teknik dasar bola basket seperti passing, shooting, finishing, dan blocking.

Tujuan Permainan Bola Basket dalam Tim

Bola basket dimainkan oleh 5 pemain yang memiliki posisi dan tugas masing-masing. Posisi inti dalam permainan ini adalah Point Guard, Shooting Guard, Small Forward, Power Forward, dan Center. Adapun tujuan permainan ini dalam tim adalah:

1. Mencetak Angka Sebanyak-banyaknya

Inti dari pertandingan bola basket adalah memenangkan pertandingan dengan cara mencetak angka sebanyak-banyaknya dalam 4 kuarter selama permainan ini berlangsung. Tiap tim harus mampu untuk melakukan distribusi bola dan mencetak angka dari berbagai sudut lapangan. Kreativitas mencetak angka menjadi bagian dari kerja kolektif tim.

2. Mempertahankan Keunggulan

Mencetak angka banyak akan sia-sia jika pada akhirnya tak mampu mempertahankan keunggulan. Disinilah permainan ini harus dimainkan secara seimbang, yakni selain harus mampu melakukan serangan dengan baik, fase defensif juga menjadi kunci kemenangan tim. 5 pemain dari tiap posisi harus mampu menjaga wilayahnya serta mampu mematikan permainan lawan secara individu.

3. Membentuk Sistem yang Solid

Tiap tim dalam permainan basket selalu memiliki strategi dan sistem permainan yang menjadi pakem tim tersebut saat bertanding. Tidak ada tim yang mampu memenangkan sesuatu kompetisi tanpa sistem yang sempurna. Sistem ini adalah kemampuan pelatih basket untuk memaksimalkan kemampuan individu serta menjaga efektivitas permainan secara keseluruhan.

4. Meraih Gelar Juara

Tujuan utama permainan basket secara tim adalah meraih gelar juara. Dalam tiap kompetisi, selalu ada beberapa tim yang bertanding untuk menjadi yang terbaik di kompetisi tersebut. Disitulah permainan ini menjadi lebih menarik, karena memiliki target besar yang bisa diraih bersama.

5. Mendapatkan Pengakuan

Tim yang memiliki rekor bagus di suatu kompetisi akan mendapat pengakuan dan menjadi titik acuan untuk dikalahkan. Dalam suatu kompetisi, tiap tim akan berupaya untuk menjadi yang terbaik sehingga akan semakin banyak pemain atau talenta basket yang ingin bermain disana. Di NBA, ada begitu banyak tim yang memiliki sejarah dan rekor kemenangan yang menarik sehingga selalu jadi acuan banyak tim yang lebih kecil di seluruh belahan dunia.

Tujuan Permainan Bola Basket Individu

Bermain bola basket dimulai dari keterampilan individu, adapun beberapa tujuan yang membuat orang ingin memainkan olahraga ini diantaranya:

1. Menyalurkan Hobi

Olahraga adalah pilihan, dan bola basket menjadi salah satu pilihan favorit banyak orang yang ingin memainkan suatu olahraga. Hobi menjadi salah satu yang mendasari tiap orang memainkan permainan tertentu, seperti halnya basket yang memiliki banyak penggemar dan menjadi materi favorit sejak usia dini.

2. Menjadi Pemain Profesional

Mimpi tiap pemain basket adalah menjadi pemain berlevel profesional, dalam hal ini basket tak lagi sekedar hobi, namun juga menjadi jalan hidup yang dipilih di level profesional. Jika banyak orang memilih jalur karir di bisnis, maka olahragawan akan menjadi atlit profesional di usia produktif. Hal ini memungkinkan tiap pemain memiliki jalur karir dalam tiap level dan kompetisi basket.

3. Basket Sebagai Pekerjaan

Di level profesional, pemain basket memiliki pendapatan yang setara dan bahkan lebih tinggi ketimbang pekerjaan profesional biasa. Menjadikan basket sebagai pekerjaan telah dilakukan di hampir setiap negara terutama di Amerika Serkat. Karena tak ada yang lebih menyenangkan dari hobi yang dibayar bukan? Bahkan Steph Curry dan Lebron James mampu meraih ratusan milyar per tahun dari bermain basket.

4. Menembus Kompetisi Elit

Salah satu cita-cita para pemain basket profesional adalah menembus kompetisi elit seperti IBL, NBA dan Euroleague. Tidak semua pebasket memiliki kesempatan untuk bertanding di level tersebut, sehingga sejak dini perlu menargetkan ini sebagai langkah untuk perbaikan di segala hal. Terutama untuk terus meningkatkan kualitas individu atau skillset.

5. Meraih Gelar Juara Tim dan Individu

Pemain basket akan terus dikenang namanya ketika mampu meraih gelar bersama tim atau mendapat koleksi penghargaan individu seperti MVP, DPOY, All-Star dan lain sebagainya. Jika kita sudah berada di level profesional namun masih belum mampu meraih gelar apapun, maka keinginan tersebut akan terus mendorong kita untuk melakukan perbaikan secara individu dan kontribusi untuk tim.


Manfaat Permainan Bola Basket bagi Kesehatan

Selain memiliki tujuan besar, permainan bola basket juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tiap orang yang memainkannya. Beberapa manfaat utama ketika kita bermain bola basket yakni:

1. Tubuh Ideal

Bermain bola basket akan menjadikan tubuh menjadi lebih ideal karena gerakan yang ada dalam permainan ini bermacam-macam dan melibatkan semua otot tubuh. Tentu masalah seperti kelebihan berat badan bisa segera hilang dengan memainkan permainan ini secara rutin. Karena energi yang dibakar sangat tinggi dan memperlancar aliran darah dari jantung ke otak. Selain itu, kemampuan atletis seperti kecepatan dan loncatan juga akan berkembang pesat jika memainkan permainan bola basket ini.

2. Keterampilan Motorik

Skill olah bola dan gerakan dalam permainan ini dilakukan dengan cepat dengan berbagai macam improvisasi yang tidak ada di olahraga lainnya. Dengan memainkan olahraga ini, maka motorik akan meningkat karena tubuh terbiasa untuk melakukan berbagai gerakan cepat.


3. Memaksimalkan Tinggi Badan

Bagi kita yang ingin memiliki tinggi badan ideal, maka akan sangat disarankan untuk memainkan olahraga ini. Di level profesional bahkan rata-rata tinggi badannya adalah 180-213 cm. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling cocok dimainkan untuk pemain bertubuh tinggi dan besar. Jika kita memainkannya dari kecil, maka tinggi badan kita bisa dimaksimalkan lewat olahraga ini. Karena olahraga ini selalu mengedepankan fleksibilitas tubuh dan athleticsm.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Olahraga ini menjadi salah satu yang mewajibkan tiap pemainnya untuk terus berkonsentrasi saat pertandingan sedang berlangsung. Dengan pergerakan cepat dan sulit diantisipasi, maka akan memaksa tiap pemain untuk meningkatkan konsentrasinya. Tanpa konsentrasi yang baik, maka akan sangat merugikan tim. Jika terbiasa dengan konsentrasi di olahraga ini, maka manfaatnya akan berkelanjutan ke berbagai hal seperti kemampuan mempertahankan fokus dan konsentrasi di kehidupan sosial.

5. Melatih Stamina dan Otot

Olahraga ini menjadi salah satu yang paling menguras stamina dan otot, bahkan dalam sistem pergantiannya dibuat bebas karena hampir mustahil untuk mempertahankan permainan terbaik selama 4 kuarter tanpa beristirahat. Salah satu aspek yang paling terkuras adalah nafas, olahraga ini dimainkan secara cepat dengan tiap pemain harus mampu bertahan dan menyerang sama baiknya. Dalam beberapa menit saja olahraga ini akan menguras stamina yang sangat banyak, itulah alasan jika ingin melatih stamina, maka bola basket adalah pilihan yang tepat.