Point Guard – Tugas dan Posisi Pemain Bola Basket

Point Guard adalah posisi yang paling menentukan dalam permainan bola basket. Posisi ini juga sering disebut sebagai playmaker atau nyawa permainan tim. Point Guard biasa disebut sebagai pemain nomor 1 atau point-runner dari 5 posisi pemain basket. Ciri khas pemain yang mengisi posisi ini yakni berbadan paling kecil dari pemain lainnya. Di kompetisi NBA, PG umumnya memiliki tinggi badan 180-193 cm.

Tugas Point Guard
Derrick Rose, salah satu point guard favorit pecinta NBA.
Peran utama point guard yakni memastikan strategi permainan tim berjalan sesuai rencana. PG adalah pemain yang paling sering membawa bola dan bertugas untuk melakukan distribusi passing terhadap pemain lainnya seperti Shooting Guard, Small Forward, Power Forward hingga Center. PG juga sebuah integral utama di tim yang mengubungkan semua lini dan bertanggung jawab untuk mengatur tempo permainan.

Seperti saat tim dalam keadaan tertinggal, maka point guard dapat melakukan distribusi bola lebih cepat dengan skema transisi yang lebih efektif. Begitupun ketika tim dalam keadaan unggul, peran point guard sangat terasa terutama untuk memaksimalkan waktu di tiap kuarter pertandingan.

Tugas Point Guard dalam Bola Basket

Sebagai general floor, Point Guard memiliki peran yang paling kompleks dibandingkan dengan pemain di posisi lainnya. Beberapa peran dan tugas utama point guard diantaranya:

1. Passing

Passing Point Guard
D'Angelo Russell, passer muda terbaik di NBA
Tiap point guard harus memiliki vision court yang bagus serta mampu melihat permainan off-ball rekan satu tim dalam mencari ruang kosong. Kemampuan passing ini akan sangat menentukan efektivitas tiap posession dan berperan penting terhadap kemenangan tim. PG harus mampu membagi bola secara efektif serta akurasi passingnya harus diatas rata-rata. Contoh pemain yang memiliki passing bagus yakni Chris Paul, D'Angelo Russell, dan Mike Conley.

2. Handling

Handling Point Guard
Kyrie Irving, ball handler terbaik di NBA, Foto: NBA.com
Skill utama yang dibutuhkan untuk menjadi seorang point guard adalah dribbling dan handling bola yang baik. Tidak semua pemain menguasai teknik ini karena membutuhkan kepiawaian dalam mengolah bola dan memadukannya dengan skill basketball lainnya. Pemain yang memiliki handling terbaik akan dengan mudah melewati penjagaan pemain lain, untuk menangani pemain ini bahkan tim lawan kerap memberikan strategi double-team. Contoh point guard dengan handling terbaik saat ini adalah Kyrie Irving dan Steph Curry.

3. Shooting & Scoring


Shooting & Scoring Point Guard
Stephen Curry, offensive point guard terbaik di NBA
Di era modern, point guard tak hanya berkutat terkait pekerjaan untuk memberikan passing dan menciptakan assist. Saat ini PG juga harus lebih produktif dan memberikan kontribusi lebih dalam hal penciptaan point baik melalui shooting, dunk, maupun freethrow. Di kompetisi NBA, para point guard terbaik bahkan menjadi scorer utama di tim, itulah kenapa PG bisa menjadi jantung permainan tim. Karena selain berperan dalam distribusi bola, mereka juga mampu melakukan finishing dengan sangat baik. Contoh PG dengan kemampuan scoring terbaik adalah Stephen Curry, Damian Lillard, dan Russell Westbrook.

4. Defensive Play

Defensive Play Point Guard
Chris Paul, point guard dengan defensive ability terbaik, Foto: GettyImage
Point Guard adalah tembok terluar dalam permainan defensive di bola basket. Biasanya PG akan menjaga PG lawan saat mereka melakukan penetrasi untuk menembus parimeter area. PG yang bagus akan memiliki kemampuan untuk memblokir serangan dengan kemampuan mencuri bola atau Steal serta melakukan pressing/intimidasi agar pemain lawan memberikan bad pass atau turnover. Contoh PG dengan permainan defensive terbaik adalah Chris Paul dan Ben Simmons.

5. Transition Play

Transition Play Point Guard
Russell Westbrook, salah satu PG tercepat di NBA
Peran penting point guard usai fase defensive adalah melakukan serangan balik cepat atau sering disebut sebagai Fastbreak di transition offense. Itulah kenapa PG harus memiliki kelincahan dan kecepatan dalam membawa bola. Begitupun ketika transisi defense, PG harus mampu memperlambat tempo permainan lawan atau menutup jalur serangan sebaik mungkin. Contoh pemain dengan transisi defense dan offense terbaik adalah Russell Westbrook.