Shooting Guard – Tugas dan Posisi Pemain Bola Basket

Shooting Guard adalah posisi pemain basket yang berada di nomor 2. Artinya pemain yang bertindak sebagai shooting guard memiliki peran dan tugas yang dekat dengan pemain nomor 1 Point Guard dan pemain nomor 3 Small Forward. Di kompetisi NBA, SG diisi oleh pemain yang memiliki tinggi badan 191-201 cm atau 6'3 hingga 6'7 kaki. Sedangkan untuk kompetisi basket putri WNBA sekitar 175-183 cm.

Tugas Shooting Guard
James Harden, Shooting Guard dengan kemampuan paling komplit di NBA, Foto: WSJ.com
Shooting Guard merupakan salah satu pemain terpenting di tim, karena kerap menjadi kartu As bahkan menjadi scorer utama. Kemampuan shooting seorang SG tak hanya berpusat pada 3-point shoot saja, namun berbagai kreasi lain juga harus dikuasai seperti midrange shoot, close range shoot, dan free throw.

SG juga dikenal sebagai pemain yang mampu melakukan off-ball movement untuk menemukan ruang tembak serta meloloskan diri dari penjagaan. Beberapa SG bahkan mampu melakukan switch sebagai Small Forward untuk melakukan kreasi serangan di paint area. SG jenis ini disebut sebagai Swingman. Sedangkan SG yang memiliki kemampuan handling diatas rata-rata dan memiliki vision yang bagus biasanya merangkap sebagai Combo Guard.

Tugas Shooting Guard dalam Permainan Bola Basket

Shooting Guard memiliki peran dan tugas yang cukup banyak. Beberapa tugas utama SG diantaranya:

1. 3 Point Shoot

Shooting Guard - 3 Point Shoot
Klay Thompson, Shooter 3 point terbaik kedua di NBA
Shooting Guard dihuni oleh pemain dengan kemampuan shooting diatas rata-rata. Oleh karena itu pemain ini berkewajiban memiliki kemampuan 3-point shoot yang baik. Biasanya shooting jarak jauh ini akan sangat bermanfaat dalam momen-momen clutch untuk membawa kemenangan bagi tim. Beberapa pemain dengan kemampuan 3-point shoot terbaik adalah Klay Thompson, JJ Reddick dan Kyle Korver.

2. 3-and-D Player

3-and-D Player
Jrue Holiday, salah satu SG dengan defensive ability terbaik, Foto: USA Today
3-and-D artinya pemain yang bertugas untuk melakukan shooting 3-point dan berkewajiban untuk berkontribusi untuk permainan defensive seperti menjadi parimeter defense dan yang lainnya. 3-and-D player biasanya diperankan oleh Shooting Guard dan saat ini pemain dengan kemampuan ini sangat dibutuhkan bagi semua tim, karena tidak semua SG memiliki keterampilan defense yang baik. Contoh pemain 3-and-D adalah Danny Green, Jrue Holiday, dan Klay Thompson.

3. Main Scorer

Devin Booker
Devin Booker, Scorer utama bagi Phoenix Suns, Foto: Express.co.uk
Dalam sejarah kompetisi bola basket NBA, peran SG sangat krusial sebagai scorer utama bagi tim. Hal itu sudah dibuktikan di era Michael Jordan dan Alen Iverson. Terutama bagi SG yang memiliki keterampilan shooting di semua tipe. Contoh pemain era modern yang menjadi scorer utama di tim yakni James Harden, Devin Booker, dan Victor Oladipo.

4. Parimeter Defender

Parimeter Defender
Patrick Beverley, salah satu guard dengan kemampuan defensive terbaik
Di permainan defensive, Shooting Guard berperan untuk menjaga guard lawan. Area yang paling sering dijaga oleh seorang SG adalah parimeter area dan diluar 3-point line. Pemain dengan kemampuan defensive yang baik akan sangat berguna karena posisi ini akan menjadi tembok awal sebelum pemain lawan berhasil masuk ke pertahanan tim. Posisi ini sering disebut sebagai Lock Down defender, SG terbaik untuk ini adalah Klay Thompson dan Patrick Beverley.

5. Spot Up Shooter

Joe Harris, salah satu spot up shooter terbaik NBA
Kemampuan Off-ball movement sebagai seorang SG terlihat pada keahlian menemukan ruang kosong untuk melakukan tembakan. Biasanya SG mendapat suplai bola langsung dari Point Guard dari posisi-posisi yang tak terduga. Keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah release shoot. Klay Thompson dan Joe Harris adalah contoh pemain yang paling bagus menjalankan peran ini.