Center – Tugas dan Posisi Pemain Bola Basket

Center adalah posisi pemain basket yang berada pada titik central tim dan memiliki postur tertinggi dibanding pemain lainnya. Tinggi pemain center berkisar antara 208-215cm. Namun ukuran umum untuk Center yang bermain di kompetisi NBA adalah 7 kaki (213 cm). Selain tinggi, center biasanya merupakan pemain dengan berat badan terbesar dengan rata-rata 110 kg lebih.

Tugas Center dalam Basket
Rudy Gobert, Center dan defensive player terbaik NBA
Center menjadi pemain yang bergerak aktif di paint area dan menjadi andalan tim untuk menangani bola-bola tinggi seperti rebound. Pada posisi menyerang, kemampuan scoring seorang center banyak bergantung pada finishing didepan ring basket serta beradu fisik dengan pemain lawan untuk merebut bola atau melakukan blocking.

Tugas Center dalam Permainan Bola Basket

Di kompetisi bola basket modern seperti NBA, Center memiliki peran yang lebih kompleks dari hanya sekedar bigman di tim. Berikut beberapa tugas dan peran pemain center:

1. Rebounding

Center - Rebounding
Andre Drummond, Rebounder terbaik di NBA
Dengan postur yang tinggi besar, memenangkan bola rebound adalah kewajiban utama pemain Center. Terutama untuk defensive rebound karena akan sangat berbahaya jika membiarkan pemain lawan mendapatkan bola pantulan di paint area defense. Tugas Center adalah memastikan second-chance bisa dihindari sehingga tim tetap memiliki keunggulan poin. Di NBA, beberapa pemain yang sangat kuat dalam melakukan rebound adalah Andre Drummond dan Rudy Gobert.

2. Blocking

Center - Blocking
Joel Embiid, Center dengan kemampuan blocking terbaik
Sebagian besar poin yang dihasilkan dari permainan bola basket terdapat pada sisi paint area dan parimeter area. Center harus memiliki kemampuan blocking shoot terutama ketika pemain lawan seperti Small Forward atau Power Forward mencoba untuk melakukan shooting jarak atau melakukan aksi terobosan untuk mendapatkan bola lay up dan dunk. Dengan badan yang besar Center harus mampu membaca permainan lawan sehingga serangan bisa diantisipasi. Pemain yang piawai melakukan block di NBA adalah Miles Turner dan Joel Embiid.

3. Pick and Roll

Pick and Roll
Steven Adams, master pick and roll
Salah satu tugas besar dari seorang pemain Center adalah membantu para guard untuk mensukseskan permainan pick and roll. Center biasanya memiliki tugas untuk membuat screen bagi para guard agar lepas dari penjagaan lawan. Selain itu, center yang memiliki kemampuan passing juga bisa mengkreasikannya dengan berbagai strategi basket yang lainnya. Pemain yang piawai melakukan Pick and Roll diantaranya Steven Adams, Willie Cauley-Stein, dan Marc Gasol.

4. Scoring

Center - Scoring
DeMarcus Cousins, salah satu scorer terbaik di NBA
Bermain paling dekat dengan ring membuat Center memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencetak angka dari jarak dekat. Kemampuan finishing Center dibutuhkan untuk menambah perolehan poin bagi tim, beberapa pemain bahkan memiliki kemampuan untuk melakukan shooting baik dari jarak menengah maupun dari 3-point shoot. Beberapa center yang memiliki kemampuan scoring diatas rata-rata adalah DeMarcus Cousins, Joel Embiid, dan Nikola Vucevic

5. Secondary-Playmaker

Center - Secondary Playmaker
Nikola Jokic, center dengan vision court & passing terbaik
Akhir-akhir ini pemain Center juga terlihat berkembang menjadi pemain yang lebih menentukan terutama untuk pemain yang memiliki passing dan IQ basketball yang bagus. Kemampuan playmaking ini membuat posisi Center benar-benar lebih central sebagai jantung permainan tim. Saat ini Denver Nuggets memperagakan strategi ini dengan Nikola Jokic yang bertindak sebagai Center sekaligus playmaker utama di tim. Kemampuan passing, handling, dan shooting menjadi keharusan untuk mengisi secondary-playmaker ini.