Power Forward – Tugas dan Posisi Pemain Bola Basket

Power Forward adalah pemain yang berada di nomor 4 dalam permainan bola basket yang biasanya menjalankan peran dan tugas yang mirip dengan Center atau Bigman. Posisi ini didominasi oleh pemain yang memiliki kemampuan fisik yang bagus serta kemahiran dalam menunjukkan permainan defense. Di NBA, posisi pemain basket ini diisi oleh pemain dengan tinggi 203-213 cm atau 6'8-7'0 kaki, sedangkan di WNBA 185-193 cm.

Power Forward
Giannis, Power Forward terbaik di NBA saat ini
Power Forward memiliki tugas yang mirip dengan Center seperti melakukan rebound dan permainan post-up dekat ring baik di fase offensive maupun defensive. Dalam perkembangannya, PF juga diisi oleh pemain dengan kemampuan shooting jarak dekat dan jarak menengah yang bagus seperti Tim Duncan dan Lamarcus Aldridge. Di beberapa strategi tim, posisi ini juga bisa merangkap sebagai Center dalam strategi small ball yang sering dipertontonkan oleh Golden State Warriors.

Tugas Power Forward

Power Forward memiliki peran dan tugas yang lebih kompleks ketimbang Center. Posisi ini juga harus memiliki kecepatan dan insting yang baik dalam membaca permainan lawan. Berikut beberapa tugas dari Power Forward:

1. Rebounding

Power Forward - Rebounding
Anthony Davis, PF terbaik untuk urusan rebound, Foto: AP
Power Forward memiliki tugas utama untuk membantu Center dalam menangkap semua bola rebound dari pantulan permainan offensive dan defensive. Kemampuan rebound ini bukan hanya mengandalkan tinggi badan, namun perlu insting untuk membaca arah pantulan. Pemain dengan kemampuan rebound yang baik mendapatkan keuntungan lebih untuk mencetak banyak angka dalam permainan post-up di paint area. Contoh PF dengan kemampuan rebounding terbaik adalah Anthony Davis dan Giannis Antetokounmpo.

2. Defensive Play

Power Forward - Defensive Play
Draymond Green, Salah satu post-defender terbaik di NBA
Power Forward sangat diandalkan dalam permainan defensive. Terutama untuk mencegah small forward lawan yang mencoba untuk menerobos barisan pemain di paint area. Dalam post-defense ini, PF harus bertindak cerdas untuk menghindari kontak fisik yang menyebabkan foul. Pemain yang dikenal sangat piawai untuk bermain pada clean post-defense adalah Draymond Green.

3. Post-Up Play

Power Forward - Post Up Play
Giannis, Pemain terbaik di permainan post-up, Foto: GettyImage
Post-Up Play dalam permainan offensive sangat menguntungkan karena memiliki persentase keberhasilan yang lebih tinggi ketimbang Jumpshoot atau 3-point shooting. Power Forward akan mengandalkan fisik untuk membuat ruang menembak di permainan post-up ini, penambahan kemampuan shooting mid-range akan sangat menguntungkan. Dan saat ini pemain yang dikenal piawai untuk memainkan peran ini adalah Giannis, LaMarcus Aldridge, dan Blake Griffin.

4. Bigman

Power Forward - Bigman
LaMarcus Aldridge, PF Bigman terbaik, Foto: USA today
Power Forward dapat juga berperan sebagai seorang Center atau Bigman. Dalam hal ini PF juga harus memiliki kemampuan untuk membuat screen dalam permainan pick-and-roll dengan guard, serta rim protection dibutuhkan untuk mencegah pemain yang mencobah melakukan dunk langsung kearah ring.

5. Scoring

Power Forward - Dirk Nowitzki
One-leg Fadeaway Jumper Dirk Nowitzki
Kemampuan mencetak angka Power Forward menjadi nilai lebih karena posisi ini umumnya banyak memainkan peran defensive. Untuk scoring, PF akan sangat diuntungkan jika memiliki kemampuan Midrange shoot dan 3-point shoot yang bagus. Serta Free throw dari hasil drawing foul. Contoh pemain dengan kemampuan scoring terbaik untuk posisi ini adalah Dirk Nowitzki.