Jumlah Pemain Basket Beserta Tugas dan Posisi di Lapangan

Dalam permainan bola basket, kita melihat secara umum ada 10 pemain yang bertanding di satu lapangan basket. 10 pemain tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni 5 pemain untuk tim A dan 5 pemain di tim B. Penggunaan 5 pemain untuk tiap tim yang bertanding ini sudah dilakukan sejak permainan bola basket ini pertama kali ditemukan di akhir 1890an. Pertandingan bola basket bisa digelar di ruang terbuka ataupun di dalam ruangan tertutup (indoor) yang memiliki fasilitas lebih lengkap seperti scoreboard, tribun penonton, dan fasilitas terbaik lainnya.

Jumlah Pemain Bola Basket
Houston Rockets va Golden State, NBA Basketball

Jumlah Pemain Bola Basket

Umumnya permainan bola basket menggunakan jumlah 5 pemain untuk starter dan 5 pemain cadangan. Namun di ajang yang lebih prestis seperti NBA, mereka menambahkan dua pemain cadangan lagi sehingga secara total ada 12 pemain di setiap tim. 5 pemain yang menjadi starter memiliki posisi dan tugasnya masing-masing, begitupun dengan para pemain cadangan yang menyesuaikan dengan posisi pemain starter. Karena olahraga ini memiliki intensitas gerakan yang sangat tinggi, maka sistem pergantiannya menjadi lebih bebas. Artinya pemain yang sudah diganti dapat masuk kembali kapanpun sesuai keputusan pelatih.

Menit Bermain Pemain Basket

12 pemain yang ada dalam satu tim mendapatkan jatah menit bermain yang berbeda-beda. Untuk pemain starter, jika pertandingannya adalah 4 kali 12 menit (48 menit) waktu normal, maka menit yang didapatkan biasanya di kisaran 30-40 menit. Pemain yang mendapatkan menit tertinggi ini merupakan scorer utama atau pemain yang paling penting untuk tim tersebut.

Sedangkan untuk pemain pengganti jatah menit bermainnya bervariasi mulai dari yang terbanyak seperti sixth man yang mencapai 20-25 menit, hingga yang hanya mendapat jatah 3 menit untuk pemain dengan prioritas terakhir. Penentuan strategi dan jatah bermain ini ditentukan berdasarkan strategi pelatih serta kualitas individu yang dimiliki oleh tiap pemain. Untuk para pemain cadangan biasanya juga disebut sebagai role player.

Waktu Bermain Bola Basket

Di aturan FIBA, standar waktu bermain basket adalah 4x10 menit. atau secara total 40 menit yang terbagi atas 4 kuarter. Kuarter pertama dan kedua biasanya disebut babak pertama sedangkan quarter ketiga dan keempat disebut sebagai babak kedua dengan tanda pergantian posisi bermain dia lapangan.

Di tiap kuarter terdapat jeda istirahat selama 10 menit, sedangkan jika pertandingan berlangsung imbang hingga detik terakhir, maka akan dilanjutkan dengan babak overtime hingga keluar siapa pemenangnya. Olahraga ini juga menggunakan waktu yang fleksibel, artinya menit bermain hanya akan berjalan jika bola/possesion sedang dimainkan. Sementara jika terjadi jeda seperti pelanggaran, free throw, dan insiden lainnya, maka waktu akan dihentikan yang kemudian dilanjutkan kembali di possesion selanjutnya.

Di kompetisi NBA, standar waktu bermain basket adalah 4x12 menit sehingga pertandingan akan memakan waktu lebih lama, namun disisi lain memberi banyak menit bermain bagi pemain cadangan. Efek positif lainnya adalah skor yang lebih besar serta statistik individu yang lebih baik.

Posisi dan Tugas Pemain Basket

Posisi dan Tugas Pemain Basket
Posisi dan Tugas Pemain Basket
Posisi pemain basket secara umum dikategorikan menjadi tiga posisi utama yakni Forward, Guard, dan Center. Namun karena permainan ini menggunakan format 5 pemain maka untuk posisi forward dan guard terbagi lagi menjadi dua bagian utama yakni Power Forward-Small Forward serta Point Guard-Shooting Guard. Untuk penjelasan tiap posisi yakni sebagai berikut:

1. Point Guard

Pemain yang bertindak sebagai jantung permainan tim, yang biasa disebut sebagai playmaker dalam basket. Pemain yang berposisi PG ini adalah pemain yang paling sering membawa bola, melakukan dribbling, passing, dan mengatur ritme permainan sesuai perintah pelatih. Point guard diisi oleh pemain-pemain dengan IQ basketball tertinggi di tim dan biasanya menjadi kapten.

2. Shooting Guard

Shooting guard adalah backcourt yang bertugas untuk melakukan shooting dan mendapatkan point dari berbagai situasi. Pemain yang berada di posisi ini harus memiliki kemampuan menembak yang bagus, baik dari jarak dekat maupun tembakan 3 angka. SG juga harus memiliki keterampilan bertahan yang baik terutama untuk melindungi parimeter area dari serangan lawan.

3. Small Forward

Small Forward adalah posisi yang biasanya ditempati oleh scorer utama di tim, pemain yang berada di posisi ini harus memiliki keterampilan offensive yang bagus seperti lay-up, post-up, dunk, fadeaway jumper, hingga 3-point shoot. SF juga harus mampu menjadi second-line defender seperti halnya shooting guard saat fase bertahan.

4. Power Forward

Power Forward adalah pemain yang bertugas menjadi pelindung area center serta menjadi pemain yang banyak bermain di restricted area (paint area) untuk membendung serangan lawan dan menangkap rebound baik saat fase defensive maupun offensive. Pemain yang berada di posisi ini biasanya memiliki fisik yang kuat serta mampu berduel dengan forward lawan.

5. Center

Center adalah pemain paling besar dan tertinggi di tim. Fungsi utama center adalah defender terakhir dalam strategi bertahan. Dan umumnya menjadi pemain yang paling sering melakukan block dan rebound, serta dalam permainan pick and roll pemain ini bertugas sebagai screener untuk para guard dalam mencari ruang tembak untuk tim.