Lay Up Shoot pada Permainan Bola Basket

Lay Up Shoot dalam basket adalah gerakan basic shooting untuk memasukan bola ke ring basket lawan. Meskipun merupakan teknik dasar, lay up masih mendominasi seluruh shooting yang dibuat oleh pemain basket. Hal ini karena layup lebih mudah untuk dilakukan ketimbang teknik shooting lain yang membutuhkan banyak variasi gerakan.

Lay Up Shoot
Lay Up Shoot, Steph Curry
Lay Up memiliki persentase keberhasilan yang tinggi karena hampir semua lay up dilakukan di restricted area atau 1 meter di sekitar ring basket. Namun permasalahannya adalah untuk menembus area ini tidaklah mudah, defender lawan baik big man atau parimeter player siap menghadang siapapun yang mencoba untuk menerobos area terlarang itu.

Lay Up akan sangat efektif dilakukan saat fastbreak atau salah satu pemain lolos dari penjagaan, jika memaksakan saat ada kerumunan pemain lawan maka akan sangat sulit, yang terjadi biasanya turnover karena block atau steal. Untuk pemain berteknis tinggi, layup ini bisa didapatkan dengan melakukan beragam variasi gerakan saat dribbling. Ataupun saat membuka ruang untuk rekan lainnya dan memanfaatkan passing line untuk mendapatkan rekan yang berdiri bebas.

Macam Macam Lay Up

1. Reverse Lay-Up

Adalah teknik layup yang paling sering ditemui, yakni seorang pemain yang mampu membawa bola atau mendapatkan posisi bebas di area ring basket dan kemudian melakukan layup dengan satu tangan atau yang sering disebut dengan Finger Roll lay up. Teknik ini harus dikuasai setiap pemain karena akan sangat bermanfaat ketika si pemain mendapatkan ruang tanpa penjagaan.

Reverse layup juga memiliki variasi gerakan pendukung seperti crossover, double moves, post up, turnaround/spin move, dan beragam teknik lainnya. Pemain yang paling sering melakukan layup biasanya point guard yang memiliki keunggulan tubuh yang lebih kecil sehingga dapat berakselerasi menembus kerumuman barisan pertahanan lawan.

Beberapa pemain yang sangat piawai dalam melakukan Layup ini diantaranya Kemba Walker, Kyrie Irving, John Wall dan Steph Curry.

2. Power Lay Up

Lay Up yang dilakukan dengan cara menggunakan kedua tangan dalam jarak dekat. Teknik ini dilakukan biasanya untuk memastikan bahwa bola masuk ke ring secara sempurna. Karena untuk Reverse lay up ada kemungkinan bola tidak masuk jika salah memperhitungkan tenaga dorongan bola. Serta untuk pemain yang suka menggunkan bank shot via backboard juga memiliki kesempatan untuk lay up tersebut tidak masuk. Oleh karena itu power lay up menjadi opsi paling aman.

Cara Melakukan Lay Up Shoot

Layup dapat dilakukan dengan tangan kiri atau tangan kanan tergantung pada situasi serta kekuatan tangan. Pada dasarnya berikut langkah-langkah untuk melakukan lay up shoot:

  • Lakukan dribble dengan benar untuk memastikan tidak ada pelanggaran karena over dribble yakni travel
  • Gunakan kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan sebagai pendorong bola. Jika tangan yang digunakan kiri, maka tumpuan loncat menggunakan kaki kanan.
  • Jika ingin memanfaatkan pantulan, lakukan dengan titik yang tepat dan pastikan bola jatuh pada ring area atau target.
  • Jika ingin secara langsung memasukan bola menggunakan satu tangan, pastikan tenaga dorongan harus disesuaikan dengan kecepatan dribble saat berlari
  • Kecepatan dapat dipercepat mendekati area ring untuk mengantisipasi layup di blok lawan


Tujuan permainan bola basket adalah untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring basket lawan. Teknik Layup terlihat sederhana namun memiliki keberhasilan yang sangat tinggi. Untuk mencapai tujuan permainan tersebut teknik lay up harus dikuasai dengan baik oleh semua pemain yang bertanding.