Bank Shot dalam Basket - Teknik Menembak

Bank Shot dalam basket adalah semua jenis tembakan baik jumpshot atau layup yang memanfaatkan pantulan backboard pada ring basket untuk dapat memasukkan bola ke ring tersebut. Teknik ini sekilas terlihat sebagai pantulan keberuntungan, namun satu hal yang pasti ialah para pebasket profesional melatih teknik bank shot ini dengan sangat rajin karena mereka tahu backboard ini bukan hanya sekedar pembatas, namun bisa dimanfaatkan untuk mempermudah mereka mencetak angka.

Bank Shot
Bank Shot dalam Basket
Bank Shot sering disebut juga off the glass dan sangat familiar bagi shooter yang lebih senang mencetak angka dari jarak dekat ke menengah (Mid Range). Dalam sudut lapangan tertentu akan sangat sulit untuk memaksakan keakuratan shooting biasa, oleh karena itu dengan menggunakan backboard tersebut maka ada acuan bola yang dipantulkan akan mengarah ke sisi yang mana.

Bank Shot pada Layup

Sebagian besar teknik layup diakhiri dengan bank shot yang crafty. Pemain bertubuh kecil biasanya lebih sering menggunakan teknik ini karena lebih cepat, minim risiko block shot serta menghemat tenaga untuk melompatnya. Bank shot pada layup juga ternyata lebih akurat ketimbang layup langsung tanpa melalui pantulan backboard.

Bank Shot pada Midrange

Shooting jarak menengah juga mengandalkan bank shot karena akan sangat membantu untuk mempermudah memasukan bola ke ring. Di beberapa sudut seperti baseline area, teknik ini kerap digunakan untuk memastikan bola dapat masuk dengan mulus. Begitupun dengan post-up moves yang sangat sering diakhiri dengan bank shot.

Bank Shot pada Jumpshot Long Range

Tembakan jarak jauh seperti 3-point shooting juga kerap menggunakan bank shot untuk memperbaiki akurasi tembakan. Namun penggunaannya lebih riskan untuk miss karena bola yang dilontarkan dari shooter benar-benar kencang dan susah diprediksi.

Jadi Bank Shot merupakan teknik yang dilatih dengan sungguh-sungguh dan menghasilkan output yang sesuai keinginan. Tiap pemain memiliki kemampuan sendiri untuk menciptakan pantulan favoritnya. Namun yang jelas, fungsi backboard benar-benar terasa jika anda menggunakannya sebagai media untuk mempermudah dalam mencetak angka.