Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Basket Standar FIBA NBA Internasional

Ukuran lapangan bola basket dalam permainan 5v5 umumnya memiliki panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Bentuk lapangan basket adalah persegi panjang dengan dua ring basket di dua sisi restricted area lapangan. Adapun untuk Internasional yang diterapkan oleh FIBA sedikit berbeda dengan standar yang diterapkan di NBA dan WNBA.

Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket
Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Basket

Ukuran Lapangan Basket Standar Internasional FIBA

FIBA adalah induk olahraga basket internasional yang telah menerapkan banyak aturan baku terkait olahraga bola basket. Untuk standar ukuran lapangan menurut FIBA adalah panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Untuk panjang diameter lingkar tengah 3,6 meter serta jarak 3-point line dari ring basket adalah 6,75 meter dari sisi tengah lapangan dan 6,6 meter dari corner spot.

Tinggi ring basket standar FIBA adalah 3,05 meter atau 10 kaki dengan jarak free throw sepanjang 4,6 meter.
Ukuran Lapangan Basket FIBA
Ukuran Lapangan Basket standar Internasional FIBA

Ukuran Lapangan Basket NBA

NBA menerapkan ukuran yang lebih besar dari standar internasional FIBA. Namun perbedaannya tak terlalu signifikan dengan standar yang sudah dibakukan tersebut. Untuk standar NBA, panjang lapangan basket adalah 28,65 meter dan lebar 15,24 meter. Sedangkan untuk tinggi ring basket sama seperti FIBA yakni 3,05 meter. Sementara untuk jarak 3-point line dari basket jauh lebih panjang yakni 7,24 meter untuk area tengah dan 6,7 meter dari sisi corner.

Sementara untuk standar lapangan basket wanita seperti di kompetisi WNBA memiliki ukuran yang sama persis dengan standar NBA.
Ukuran Lapangan Basket NBA
Ukuran Lapangan Basket di NBA

Istilah di Lapangan Basket

Ada beberapa istilah yang perlu kita ketahui dari tiap garis yang dibuat di lapangan basket. Beberapa diantaranya adalah:

1. Lingkar Tengah

Lingkar tengah atau yang biasa disebut Center Circle adalah garis yang berada tepat di tengah lapangan dan berbentuk lingkaran dengan diameter 3,6 meter untuk standar FIBA dan 3,66 meter untuk standar NBA. Lingkar tengah ini menjadi tempat melakukan tip off untuk memulai pertandingan serta sangat berguna jika terjadi jump ball di tengah lapangan. Jarak lingkar tengah ke basket skitar 14 meter.

2. Garis 3-Point

3-point line sangat berguna untuk menentukan point bagi para penembak jarak jauh yang ingin mendapatkan point lebih ketimbang hanya dua point dari aktivitas shooting di parimeter dan paint area. Garis besar yang melingkar dekat ring basket ini menjadi pembatas antara tembakan 2 poin dan 3 poin. Untuk jaraknya sangat beragam:
  • Untuk kompetisi level sekolah atas (SMA) jarak 3-point line adalah 6,02 meter
  • Untuk level kampus 6,32 meter
  • Untuk level internasional FIBA yakni dari 6,6 hingga 6,75 meter
  • Untuk kompetisi NBA yakni 6,71 hingga 7,24 meter

3. Area Parimeter

Parimeter area yakni jarak antara garis free throw dan garis 3-poin. Biasanya jika pemain melakukan shooting di jarak ini maka disebut sebagai Mid-range shoot dan Parimeter Shoot. Sedangkan pemain yang persis menembak di garis parimeter 3-point atau keluar sedikit dari garis tersebut juga tetap disebut sebagai parimeter shoot.Area ini sering dimanfaatkan untuk mendulang angka untuk beberapa posisi pemain basket seperti shooting guard dengan kemampuan menembak jarak menengah yang baik.

4. Low Post

Adalah jarak terdekat dari basket di luar paint area atau free throw line. Biasanya garis ini yang menjadi favorit bagi para pemain untuk mencetak angka karena relatif dekat dengan ring basket.

5. Key (Lingkar Free Throw)

Adalah garis yang melingkar tepat di tengah diameter free throw line. Jika pemain dihadiahi lemparan free throw maka mereka dapat menembak tepat di garis ini.