Lama Waktu Permainan Bola Basket Standar Perbasi, FIBA, NCAA dan NBA

Pertandingan bola basket memiliki timing atau waktu pertandingan yang berbeda-beda tergantung dari penyelenggara dan tingkatan kompetisi yang dimainkan. Umumnya permainan bola basket terbagi dalam empat kuarter, 2 kuarter awal di babak pertama dan 2 kuarter akhir di babak kedua. Diantara kuarter dan babak memiliki jeda waktu sekitar 10 menit untuk tiap tim beristirahat.

Lama waktu permainan bola basket

Lama waktu permainan bola basket secara general adalah 40 menit yang terbagi menjadi 4 kuarter, yakni sekitar 10 menit per kuarter. Untuk secara lengkapnya yakni:

Standar Internasional FIBA

FIBA menrupakan persatuan bola basket dunia yang diakui oleh seluruh negara di dunia. Menurut aturan FIBA, pertandingan bola basket dimainkan dalam waktu 10 menit per kuarter sebanyak 4 kuarter atau totalnya 40 menit. Jika hasil akhir suatu pertandingan setelah 4 kuarter sama kuat poinnya, maka akan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu sebanyal 2x5 menit.

Tiap babak memiliki jeda waktu istirahat selama 10 menit, sementara jika terjadi tambahan waktu maka jeda istirahat tambahannya 2 menit. Secara umum, sebuah pertandingan bola basket membutuhkan paling tidak 80 menit untuk diselesaikan. Namun biasanya pertandingan bisa berjalan lebih lama dari itu karena tiap tim memiliki jatah timeout serta sistem waktu yang hanya dihitung jika permainan berjalan saja (tidak menghitung waktu jeda seperti freethrow dll)

Standar Indonesia (Perbasi)

Indonesia dalam hal ini Perbasi menganut aturan dari FIBA yakni 4x10 menit untuk suatu pertandingan bola basket, terutama untuk liga profesional seperti Indonesian Basketball League (IBL). 

Standar NCAA (College Basketball)

Basket kampus terutama di Amerika Serikat yang diadakan oleh NCAA memiliki timing yang sedikit berbeda ketimbang standar FIBA maupun standar NBA. Di NCAA, permainan bola basket digelar hanya dalam dua babak yakni 20 menit di babak pertama dan 20 menit di babak kedua. Secara keseluruhan pertandingan di college basketball memiliki tempo waktu yang sama dengan standar FIBA yakni 40 menit per pertandingan. 

NCAA tiap tahunnya selalu mengirim bakat-bakat terbaiknya ke NBA melalui sistem draft pick di NBA DRAFT. Namun untuk peraturan dan lain-lain, NCAA memilikinya standarnya sendiri. Mungkin karena kompetisi di NCAA masih tergolong junior, maka waktu permainannya tidak selama di NBA.

Standar NBA

NBA selalu memiliki standar yang sangat berbeda dari semua kompetisi basket yang ada di dunia. NBA secara alami diberkati oleh banyaknya atlet-atlet basket terbaik dengan kemampuan fisik yang melebihi kompetisi lainnya, itulah kenapa lama waktu permainan bola basket di NBA lebih lama ketimbang kompetisi lainnya.

Di NBA, satu pertandingan dapat dimainkan dalam waktu 4x12 menit atau secara total 48 menit. Tiap babak memiliki dua kuarter dengan masing-masing 12 menit, di babak kedua saat tim berpindah base lapangan/court, mereka juga menyelesaikan 2 kuarter akhir yang masing-masing selama 12 menit. Itulah kenapa skor-skor pertandingan di NBA biasanya besar-besar yakni diatas 100 poin per pertandingan. Namun untuk babak tambahan waktunya, waktu yang disediakan hanya 5 menit, dan akan terus ditambah per lima menit jika skor masih sama.

Tiap kompetisi memiliki standar waktu yang disesuaikan dengan culture yang dianutnya, namun secara umum lama waktu permainan bola basket adalah 40 menit. Jika dibandingan dengan olahraga lainnya, maka basketball memiliki waktu aktif yang sedikit lebih singkat, namun dalam praktiknya rata-rata pertandingan bola basket diselesaikan dalam waktu 2 jam, terutama di kompetisi NBA.