Cara Menangkap Bola dalam Permainan Bola Basket

Teknik dasar bola basket meliputi banyak hal seperti teknik shooting, teknik passing, teknik dribble, teknik rebound dan teknik layup. Namun sebelum anda menguasai semua teknik tersebut, terlebih dahulu perlu menguasai teknik memegang bola dan menangkap bola. Dalam basket, menangkap bola harus fasih dilakukan karena permainan ini memiliki tempo yang sangat cepat dengan perpindahan bola instan dalam hitungan detik.
Cara Menangkap Bola Basket
Lebron James menangkap bola basket. source: GettyImages
Sebagus apapun passing rekan tim, jika yang menerimanya tidak menggunakan tangkapannya dengan baik maka bola tersebut akan berpindah tangan atau turnover. Untuk itulah penting bagi semua pemain untuk mempelajari cara menangkap bola basket yang baik dan benar sesuai standar permainan saat ini.

Menangkap bola basket gampang-gampang susah, idealnya seperti menangkap bola pada umumnya. Namun ukuran bola basket ini jauh lebih besar ketimbang permainan bola besar lainnya. Bola basket memiliki ukuran dan berat bola yang lebih besar sehingga untuk mengantisipasinya perlu menggunakan teknik yang benar.

Macam Macam Cara Menangkap Bola Basket

Secara posisinya menangkap bola basket dibedakan menjadi dua yakni untuk bola posisi diatas kepala dan bola yang diumpankan tepat mengarah ke dada. Untuk penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

Cara Menangkap Bola Basket di Atas Kepala

Bola yang dioperkan dari pemain lain datang ke arah atas kepala, maka sebagai pemain teknik menangkapnya adalah

  • Bersiap, perhatikan bola yang datang mendekat ke arah atas dan biasanya lemparannya lebih lembut. Pastikan tak ada pemain lawan yang mengganggu anda saat ingin mengambil bola tersebut
  • Meloncat, untuk umpan yang lebih tinggi akan lebih baik jika menangkap bola tersebut sambil melompat seperti pada teknik rebound bola. Tangkapan harus menggunakan kedua tangan agar lebih kuat dan tak mudah direbut lawan
  • Dengan jari jari tangan, gunakan jari tangan yang lembut untuk menangkap bola yang datang. Dibandingkan dengan sudut tangan yang lain, jari jari tangan lebih mudah untuk menguasai bola yang mengarah ke kedua tangan


Cara menangkap Bola Basket di Depan Dada

Passing ke arah ada paling sering dilakukan dalam permainan bola basket, selain karena persentase keberhasilannya tinggi, teknik ini juga dilakukan untuk umpan-umpan jarak pendek. Sebagai penerima bola, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Lihatlah rekan tim yang membawa bola, dan perhatikan apakah memungkinkan untuk bola tersebut diarahkan ke anda
  • Mintalah passing bola ke arah anda dengan terlebih dahulu kedua tangan anda melakukan gerakan tangkapan di depan dada
  • Gunakan kedua tangan untuk menangkap bola yang datang dan pastikan untuk menghindari pantulan atau bola liar hasil tangkapan
  • Gunakan jari jari tangan yang lembut untuk menguasai bola, genggam erat bola sehingga tidak mudah terlepas


Menangkap bola artinya menguasai bola secara penuh dengan tangan anda. Adapun beberapa teknik menahan bola menggunakan tangan yang tak termasuk dalam menangkap bola yakni tip bola, blok bola dan steal bola. Karena meski bola berhenti di anda namun bola tersebut tak dikuasai secara penuh sehingga tidak termasuk kedalam teknik menangkap bola.

Untuk passing yang terlalu rendah juga bisa menggunakan teknik menangkap bola seperti di dada. Perbedaannya anda harus membungkukan badan agar bola dapat diterima dengan sempurna.