Cara Memegang Bola Basket yang Benar - Teknik Dasar Basket

Permainan bola basket memiliki beberapa macam teknik dasar yang harus dikuasai oleh sang pemain agar mampu bermain basket dengan baik dan benar. Teknik yang akan dibahas kali ini adalah teknik memegang bola basket yang menjadi teknik paling utama sebelum melangkah ke teknik yang lainnya seperti teknik shooting, dribbling, passing, pivotlay up dan rebound.

Cara Memegang Bola Basket
Teknik Cara Memegang Bola Basket yang Benar
Ada berbagai macam cara memegang bola basket yang perlu dikuasai oleh para pemain basket. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gunakan salah satu teknik yang paling tepat dengan karakteristik bermain anda. Memegang bola yang baik dan benar akan membantu pemain menjaga bola dengan sempurna serta menghindari risiko cedera tangan akibat salah mengantisipasi bola yang datang.

Macam Macam Cara Memegang Bola Basket

Mangkok Besar

Yakni tangan yang membentuk seperti mangkok besar pada sikap awalnya. Bola basket dipegang menggunakan kedua tangan sehingga akan membentuk seperti mangkok besar yang melindungi bola. Cara ini sangat tepat untuk menjaga bola karena memiliki kendali yang kuat pada bola.

Jari Jari Tangan

Cara memegang bola yang selanjutnya yakni dengan cara meletakan jari jari ke area bola membentang ke area tengah. Antara jari yang satu dengan yang lainnya diberikan jarak namun tidak terlalu jauh atau melebar. Jalur garis pada bola basket dapat mempermudah untuk melakukan teknik ini dengan lebih baik.

Meremas Bola

Selain ujung jari dan ibu jari, cara efektif untuk memegang bola yang kuat adalah dengan meremas bola dengan kuat sehingga bola tersebut akan lebih kuat di genggaman tangan. Cara ini juga cara paling aman untuk menjaga bola baik saat permainan offense maupun defense untuk menghindari turnover.

Satu Tangan

Memegang bola basket bisa dilakukan dengan satu tangan, biasanya teknik ini digunakan untuk menahan bola yang singkat dan ingin melakukan lemparan atau passing cepat dengan satu tangan. Memegang bola dengan satu tangan ini sangat riskan dilakukan oleh pemain yang tak memiliki kekuatan tangan yang baik, dan sangat baik untuk beberapa pemain bertangan besar yang ingin melakukan gerakan dengan sesimpel mungkin.

Gerakan tangan dapat bervariasi saat memegang bola basket, namun semuanya dikondisikan terhadap kemampuan yang anda miliki. Jika teknik yang satu ini sudah dikuasai, maka anda bisa melanjutkan ke teknik yang lebih advance dalam permainan bola basket ini.