Teknik Dasar Passing dalam Permainan Bola Basket

Teknik passing dalam permainan bola basket merupakan satu dari beberapa teknik dasar yang sangat penting untuk dikuasai. Berbeda dengan teknik shooting teknik lay up dan teknik rebound yang terjadi saat awal dan akhir sebuah possession, teknik passing atau mengumpan bola ini dilakukan sepanjang possession berjalan. Satu kali possession dalam basket maksimal 24 detik, dan tiap tim bebas mengendalikan possession tersebut lebih cepat atau memaksimalkan waktu yang ada.

Teknik Passing Bola Basket
Lonzo Ball melakukan passing ke rekan setim, source: NBA
Dalam penguasaan possession, salah satu teknik yang paling penting adalah mengumpan. Mengumpan bola ke rekan tim mungkin terdengar simple, namun tak sesimpel yang kita kira karena ada lima pemain lawan yang bersiap untuk mengganggu bahkan mengambil possession dari tim kita melalui steal, block atau penjagaan ketat yang berujung pada gagalnya mencetak angka karena gagal menemukan ruang tembak akibat passing yang tak baik.

Pemain defender lawan juga bisa dengan cepat membaca permainan tim kita ketika kita memainkan passing yang mudah diprediksi dan diantisipasi. Oleh karena itu dibutuhkan kreativitas dan skill serta passing yang beragam untuk membuat upaya mengumpan ke rekan tim jadi lebih fluid dan tidak mudah terbaca.

Cara Melakukan Passing Bola Basket yang Benar

Ada beragam cara melakukan operan atau umpan bola basket ke rekan tim yang benar. Tentu selain teknik lemparan yang juga harus tepat, soliditas tim atau chemistry juga perlu diperbaiki.

  • Lihat posisi dan arah rekan tim berlari
  • Gunakan operan dengan dua tangan jika ingin melakukan passing dengan power yang lebih kuat dengan jarak yang jauh
  • Gunakan operan satu tangan ketika rekan tim berada dalam keadaan dekat atau saat possession kalian dijaga ketat oleh defender lawan yang tak memungkinkan untuk melakukan operan dua tangan
  • Arahkan bola ke arah target yang mudah diterima rekan tim, salah satunya adalah dengan mengumpan bounce pass dengan tinggi sedada atau over head pass dengan tinggi diatas kepala
  • Jarak rekan menentukan power passing yang diberikan, jika rekan ada di area 1-5 meter maka berikan passing dengan tenaga yang lembut sehingga tidak berisiko terjadi turnover karena rekan tim sulit menerima bola. Dan berikan power yang lebih besar untuk rekan tim yang jauh, hal ini karena pertama untuk mencegah pemain lawan melakukan antisipasi steal, dan yang kedua biasanya rekan tim lebih siap menerima umpan kencang dari jarak jauh.
  • Jika ingin melakukan umpan terobosan, perhatikan kecepatan berlari rekan tim serta seimbangkan dengan arah mereka berlari. Pastikan bola berakhir tepat didepan rekan tim
  • Jika ingin melakukan umpan lob untuk memberi chance alley oop pada rekan tim, pastikan jenis umpan ini harus terlatih dengan baik karena membutuhkan chemistry untuk melakukannya
  • Pastikan memberi umpan dengan kreatif dan hindari potensi turnover karena umpan dengan kualitas rendah

Macam-Macam Teknik Passing Bola Basket

Untuk lebih cepat menguasai teknik passing, anda perlu terlebih dahulu mengenal beberapa jenis passing dalam bola basket. Tentu untuk mempraktikannya tidak sembarangan dan harus pada situasi yang tepat.

Chest Pass (Operan Dada)

Chest Pass

Chest pass adalah umpan searah dengan dada, yakni teknik mengumpan langsung dengan bola yang didorongkan dari ke arah dada rekan tim yang siap menerimanya. Umpan jenis ini juga disebut direct pass atau yang tidak membutuhkan pantulan ke lantai.

Chest pass sering digunakan untuk umpan jarak pendek yang mana pemain satu dengan yang lainnya saling memberikan konek untuk pass dan receive bola. Cara melakukan passing chest pass yakni pegang bola secara kuat dengan kedua tangan, dengan posisi bola di dada pemain A. Kemudian bola dilemparkan dengan kedua tangan mengarah lurus kedepan menuju arah dada rekan satu tim.

Untuk tim yang bermain cepat minim dribble, teknik passing ini sangat efektif untuk dilakukan karena akan mempercepat proses transisi dari defense ke offense.

Bounce Pass (Umpan Memantul)

Bounce Pass

Bounce pass adalah salah satu jenis umpan dalam basket yang paling sering dilakukan. Semua umpan yang memanfaatkan media lantai sebagai alat pantul ini memiliki variasi yang sangat banyak dan dapat dikombinasikan dengan beragam strategi penyerangan.

Bounce pass juga memiliki jarak yang tak terbatas dengan tingkat akurasi yang lebih baik ketimbang direct pass yang terkadang kurang akurat untuk jarak yang lebih jauh. Bounce pass sangat cocok untuk tim yang sedang menguasai permainan dengan beragam variasi serangan untuk membuka ruang tembak. Dalam momen transisi, bounce pass juga bisa mempercepat arah laju bola menuju ke rekan tim yang berada di depan.

Bagaimana cara melakukan bounce pass pada permainan bola basket?


  • Melihat posisi dan pergerakan rekan setim, bounce pass terkadang diumpankan tidak tepat ke orangnya, namun ke arah pemain lain berlari agar dapat memotong waktu untuk mencapai tempat tertentu. Gerakan rekan setim harus diperhatikan dengan baik agar passing yang dilakukan tepat sasaran
  • Gunakan satu atau dua tangan untuk mengoper, para point guard biasanya memberikan dish indah menggunakan satu tangan melewati barisan pertahanan lawan. Namun agar umpan ini menjadi lebih kuat dan akurat, direkomendasikan untuk menggunakan dua tangan.
  • Target penerima bola harus tepat, tinggi bola yang diberikan tidak boleh terlalu pendek atau tinggi. Harus seirama dengan tubuh dan berkisar sedada


Overhead Pass (Umpan dari Atas Kepala)

Overhead Pass

Overhead pass adalah operan bola yang dilakukan dari atas kepala. Biasanya umpan atau operan ini diandalkan untuk menjauhkan bola dari jangkauan lawan pada saat situasi sulit. Pada momen crunch time seperti pada satu menit terakhir, penjagaan lawan mulai rapat dan untuk melakukan passing jenis lainnya sangat riskan untuk diantisipasi. Oleh karena itu Overhead Pass jadi opsi terbaik untuk mengatasi situasi ini.

Namun perlu diperhatikan jika ingin melakukan passing ini adalah keakuratan dan kemampuan menerima dari rekan kita. Melakukan passing bola ke rekan yang lebih tinggi akan lebih aman ketimbang ke rekan yang lebih pendek karena rawan untuk diantisipasi jika penjaganya memiliki ukuran tubuh yang lebih tinggi.

Overhead Pass sangat berguna saat mismatch antar pemain sehingga ada keunggulan fisik berupa tinggi badan yang bisa dieksploitasi. Lakukan overhead pass ini dengan lembut dan hati-hati untuk menghindari turnover.

Baseball Pass (Lemparan Satu Tangan)

Baseball Pass

Baseball Pass adalah salah satu jenis passing bola basket yang cukup populer. Ciri khasnya menggunakan tangan satu dengan lemparan kuat seperti halnya melempar bola baseball. Cara melakukan baseball pass adalah:

  • Badan bersiap dengan satu kaki maju kedepan dan memegang bola dengan satu tangan 
  • Bola bisa dipindahkan dari satu tangan ke tangan lainnya tergantung pada kekuatan tangan saat melakukan operan
  • Lihat posisi rekan tim, atau jika rekan tim berlari maka perhitungkan arah berlarinya
  • Lakukan operan dengan kencang/lembut yang disesuaikan dengan jarak rekan tim anda
  • Pastikan melakukan passing dengan benar untuk menghindari turnover


Behind The Back Pass

Behind The Back Pass

Salah satu cara passing yang sulit diantisipasi lawan adalah behind the back pass. Karena posisi bola ada dibelakang tubuh sehingga lawan sulit membaca arah bola. Namun teknik passing ini juga berisiko karena rekan tim terkadang tak menyadari apakah sang pemain akan melakukan passing atau masih mendribbling bola

Back pass sangat ampuh untuk mematikan pergerakan lawan sehingga bisa memunculkan ruang kosong untuk mencetak angka. Teknik ini perlu dilakukan dengan konsentrasi tinggi serta latihan yang berkelanjutan. Karena ketika gagal mengeksekusi passing ini biasanya terjadi turnover yang memberi kesempatan tim lawan untuk menambah angka.

Back pass sering dilakukan oleh ball handler piawai seperti point guard atau point forward. Atau semua pemain yang memiliki kreativitas handling diatas rata-rata. Namun yang pasti lakukanlah teknik ini ditempat yang semestinya sehingga tujuan permainan bola basket tetap jadi nomor satu.

Shoulder Pass

Adalah teknik passing satu tangan yang menitik beratkan pada bahu sebagai tumpuan untuk melakukan passing. Hampir sama seperti baseball pass, teknik ini juga bisa dilakukan secara langsung menuju rekan setim dengan arah kuat dan cepat.

Blind Pass (No Look Passing)

No Look Pass

Salah satu teknik passing yang sangat terkenal, no look pass adalah melakukan operan ke rekan setim secara tiba-tiba secara akurat tanpa melihat posisi atau pergerakan rekan tim tersebut. Passing ini digunakan untuk mengelabui defender lawan yang biasanya berfokus pada bola dan wajah pemain yang dijaganya.

Melakukan no look pass sangat beresiko untuk passing tersebut tidak tepat sasaran atau rekan tim tak mengetahuinya, namun jika dilatih lebih sering teknik ini bisa menjadi ancaman semua tim lawan karena sulit diprediksi arahnya