Baseline Shot dalam Basket - Teknik Menembak

Baseline Shot adalah tipe shooting yang sangat populer di dunia basket terutama di NBA era 90an saat Michael Jordan mendominasi kompetisi selama hampir satu dekade lamanya. Teknik shooting ini merupakan versi pendek dari Corner Shot dan masih termasuk kedalam bagian dari teknik Midrange Shot.

Di era 3-point shot seperti saat ini, penjagaan setiap pemain di luar parimeter akan makin ketat. Jika seorang shooter hanya berfokus pada kemampuan deep shot saja, maka akan mudah diantisipasi oleh lawan yang menjaganya. Oleh karena itu setiap pemain harus mampu menguasai teknik shooting lain yang lebih mampu menghasilkan ruang tembak. Teknik tersebut yakni Baseline Jumper atau yang biasa kita kenal sebagai tembakan dari area samping dekat ring basket.

Baseline Shot
Baseline shot dilakukan pada pemain di posisi nomor 2

Apakah sulit untuk melakukan tembakan baseline ini? Jawabannya adalah tidak, selama anda melatihnya dengan sungguh-sungguh maka teknik ini bisa dikuasai. Hal yang mendasari dalam penguasaan teknik baseline jumper ini yakni kekuatan mendorong bola dan shooting mekanik.

Dalam permainan bola basket, shooting sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dalam memberikan tekanan yang benar saat melontarkan bola dari tangan. Dalam hal ini, jarak menjadi acuan yang perlu dikuasai. Contohnya jika anda ingin sukses menguasai teknik ini, anda perlu melakukan latihan berkali-kali menembak shooting dari samping dengan kisaran jarak 2-5 meter. Area ini juga disebut dengan parimeter area tipe baseline. Sudut untuk menembak diruang ini cukup sempit, apalagi jika Power Forward dan Center lawan rajin menutup area ini.

Untuk anda yang bermain di area corner (wing/SG), menguasai teknik ini akan menjadi value added karena area corner biasanya lebih siap untuk diantisipasi karena hanya memiliki ruang yang lebih sedikit. Baseline court memiliki ruang yang lebih luas dengan dua bagian di tiap sisi lapangan.

Berikut merupakan contoh video untuk lebih paham terkait Teknik baseline shot dalam permainan bola basket:


Jika anda mampu menguasai Teknik ini, maka anda akan memberi pilihan untuk tim yang anda bela untuk memberikan variasi shooting yang tidak ditawarkan oleh pemain lain. Midrange shot kerap sangat menolong sebuah tim di kompetisi yang lebih disiplin dalam hal defense seperti NBA Playoff dan Euroleague. Lima pemain lawan umumnya akan menjaga area tertentu saja dengan strategi defense tertentu, tanpa secara spesifik menjaga setiap jengkal di lapangan. Posisi ini bisa dikuasai oleh siapapun terutama pemain yang beroperasi di area wing/forward seperti SG, SF dan PF.