Small Forward – Tugas dan Posisi Pemain Bola Basket

Small Forward adalah posisi pemain basket yang berada di lini paling depan dan bertugas untuk melakukan kreasi permainan menyerang. Posisi ini sering disebut sebagai pemain berposisi nomor 3 dari total 5 pemain basket dalam satu tim yang bertanding.

Small Forward Terbaik
Lebron James, salah satu Small Forward terbaik
Posisi Small Forward diisi oleh pemain-pemain tinggi dengan kemampuan atletis terbaik di tim. Di bola basket putra Internasional terutama NBA, pemain SF memiliki tinggi di kisaran 198-208 cm atau 6'6-6'10 kaki. Sedangkan pemain wanita WNBA umumnya bertinggi 180-188 cm atau 5'11-6'2 kaki.

Apa Tugas Small Forward?

Small Forward memiliki peran dan tugas yang cukup kompleks dalam permainan bola basket. Beberapa tugas small forward diantaranya:

1. Scoring

Small Forward - Scoring
Kevin Durant, Scorer SF terbaik sepanjang masa
Small Forward menjadi pemain yang paling diharapkan dalam urusan mencetak angka. Hal ini karena posisi pemain ini yang sangat fleksibel dan bisa berpindah-pindah dari wing, spot up shooter, post up, bahkan di paint area.  SF juga harus memiliki skillset yang komplit seperti lay-up, dunk, midrange shoot dan 3-point shoot. Serta pemain yang memiliki kelincahan dan kecepatan untuk menembus kerumunan pemain lawan.

2. Offensive Play

Small Forward - Offensive Play
Kevin Durant, Top 3 SF terbaik sepanjang masa, Foto: NBA.com
Dalam permainan menyerang, Small Forward akan dihujani oleh suplai bola dari lini lain seperti point guard dan power forward. SF akan diuji kemampuannya dalam hal finishing close range dan long range. Untuk pemain dengan atletis yang bagus biasanya dapat mempertunjukkan banyak trick dan skill untuk mencetak angka dari berbagai situasi dan posisi. Contoh pemain berposisi ini yang memiliki kemampuan menyerang paling bagus adalah Kevin Durant dan Lebron James.

3. Defensive Play

Small Forward - Defensive Play
Kawhi Leonard, two-way player terbaik NBA
Meski lebih berfokus pada permainan menyerang, seorang Small Forward harus mampu memberikan kontribusi pada saat tim dalam posisi tertekan. Tugas SF biasanya menjaga SF lawan, namun untuk pemain yang memiliki kualitas defense diatas rata-rata umumnya mampu menjaga semua tipe pemain lawan. Small Forward menjaga area post-defense dan parimeter-defense, untuk beberapa pemain yang memiliki kemampuan meloncat yang tinggi, mereka juga bisa menjaga rim area. Kawhi Leonard dan Paul George adalah contoh Small Forward dengan kemampuan defense terbaik.

4. Off-Ball Movement

Small Forward - Off Ball Movement
Andre Iguodala, Small Forward dengan off-ball movement terbaik
Disebut sebagai pemain paling versatile di lapangan, SF harus memiliki kecerdasan dalam melakukan gerakan untuk menghindari penjagaan lawan. Off ball movement ini sangat penting untuk mendapatkan posisi yang kosong sehingga pemain lain seperti Point Guard dapat dengan mudah memberikan umpan. Kecerdasan dalam melakukan gerakan akan membuat Small Forward mendapat lebih banyak kesempatan untuk mencetak angka. Begitupun saat defense, gerakan tanpa bola harus bisa mempersulit pemain lawan untuk melakukan operan. Bahkan beberapa pemain yang cerdas biasanya mampu melakukan steal atau block dalam posisi ini.

5. Athleticism

Small Forward - Athleticism
Aaron Gordon, Small Forward dengan athleticism terbaik
Small Forward sangat dikenal dengan athleticism, artinya pemain di posisi ini umumnya memiliki kemampuan loncatan vertikal yang bagus serta kemampuan skillset di berbagai situasi dekat ring. Athleticism adalah kemampuan fisik yang harus ditingkatkan di permainan bola basket. Di NBA, pemain dengan kemampuan atletis yang baik biasanya yang paling sering diandalkan dalam starting line up.