Teardrop Shot Floater dalam Basket - Teknik Menembak

Teknik Teardrop Shot, Floater atau A Runner adalah salah satu teknik shooting tingkat tinggi yang hanya bisa dilakukan oleh pemain-pemain dengan feel the game yang baik. Teknik ini masih masuk kedalam keluarga Mid Range Shot yang menjadi opsi alternatif bagi para scorer untuk mencetak dua angka dari jarak menengah terutama area vertikal seperti di paint area dan free throw line.

Teardrop shot Floater a runner
D'Angello Russell floating shot
Floating shot ini dikuasai oleh beberapa guard kelas atas seperti D'Angelo Russell, Steph Curry dan Chris Paul. Tujuan melakukan gerakan atau shooting ini yakni untuk melewati hadangan pemain besar seperti Center atau Power Forward yang bersiap melakukan block-shot.

Cara Melakukan Teardrop Floater Shot

Sama seperti namanya, shooting jenis ini mengandalkan akurasi shooting setengah layup. Intinya bola yang berada di ball handler kemudian dilambungkan keatas dengan ketinggian yang tak bisa dibendung pemain bertahan lawan.

Jika akurasinya salah, maka akan dengan mudah bola berpindah ke tangan lawan (turnover). Oleh karena itu teknik ini harus dilakukan dengan hati-hati dan kepercayaan diri tinggi.

Untuk melatih shooting jenis ini, kita harus rajin melakukan drilling teardrop shot ini ditempat latihan dengan penjagaan lawan maupun tanpa penjagaan lawan. Sama halnya seperti teknik midrange yang lain, area yang harus dikuasai yakni penentuan jarak dan tekanan untuk melambungkan bola keatas. Untuk scorer tingkat atas, teknik ini bahkan bisa digabungkan dengan bank shot dengan memanfaatkan pantulan kaca untuk melesakkan bola.



Floater Shot sangat indah untuk dilihat namun sangat sulit untuk diterapkan dipertandingan. Biasanya yang mampu menguasai teknik ini adalah ball handler seperti point guard mini yang membutuhkan ruang untuk menembak. Pemain lain diluar point guard juga bisa menerapkan ini asalkan memiliki kepercayaan diri tinggi dalam mengeksekusinya.