Turnaround Jump Shot dalam Basket - Teknik Menembak

Turnaround Jump Shot adalah teknik menembak dalam basket yang didahului dengan gerakan spin moves dan diakhiri oleh loncatan shooting dua kaki menghadap ke arah sebaliknya yakni ring basket. Turnaround ini bukan teknik yang mudah untuk dikuasai karena harus mampu memprediksi jarak ring basket dengan posisi tembak tepat sebelum melakukan spin moves.

Turnaround Jumper
Turnaround Jumper Ben Simmons
Gerakan ini sangat sering digunakan dalam post-up moves yang memanfaatkan penjagaan defender untuk menciptakan ruang tembak. Pada dasarnya inti dari gerakan ini adalah memutar tubuh sembari secara langsung melakukan jumpshot yang akurat.

Fadeaway Jumpshot

Teknik ini masih dalam kategori turnaround jumper di beberapa part meski tak seluruhnya fadeaway harus berputar terlebih dahulu. Pemain-pemain seperti Michael Jordan, Kobe Bryant dan Kevin Durant sangat sering menciptakan gerakan turnaround jumpshot yang ditambahi efek fadeaway ini. Memang lebih sulit untuk dilakukan, namun persentase keberhasilan lebih tinggi karena akan membuat jarak dengan defender semakin jauh

Slashing Moves

Para slasher atau cutter juga sering menggunakan turnaround jumpshot untuk mengeksekusi peluang yang didapatkan. Gerakan ini juga sangat baik digunakan ketika berada di area midrange karena membuat si pemain lebih mudah mengeksekusinya ketimbang melakukan penetrasi yang berujung foul.

Post Moves

Setiap gerakan post up pasti diakhiri dengan turnaround jumper, jaraknya yang pendek dari ring basket membuat gerakan ini sangat umum dilakukan oleh pemain dengan fisik mumpuni. Post Moves akan selalu berurusan dengan interior defender lawan. Oleh karena itu perlu untuk membuat variasi gerakan lain yang tak mudah dibaca lawan.

Turnaround jumper menjadi senjata yang masih diandalkan untuk mencetak angka dari waktu ke waktu. Teknik ini cukup sulit untuk dikuasai namun untuk anda yang terus menerus berlatih tentu pada akhirnya akan mendapatkan pola gerakan terbaiknya. Beberapa posisi pemain yang wajib menguasai Teknik ini diantaranya adalah forward dan big man.

Untuk slasher seperti small forward juga disarankan untuk melatih Teknik ini agar gerakan yang diciptakan makin sulit diantisipasi. Karena pebasket bagus selalu memiliki ratusan trik dan gerakan untuk mencetak angka. Sehingga lawan akan dibuat kebingungan dan menciptakan double team yang memberi keuntungan pada rekan tim lainnya untuk mendapatkan ruang lebih banyak untuk mengeksekusi peluang.

Berikut merupakan teknik dasar gerakan turnaround jump shot: