Fadeaway Shot dalam Basket - Teknik Menembak

Fadeaway Shot adalah salah satu teknik atau skill menembak dalam bola basket yang dibutuhkan keahlian yang tinggi bagi para pemakainya. Fadeaway Jumper menjadi gerakan yang sangat mematikan bagi para pemain kelas wahid seperti Michael Jordan, Lebron James, Dirk Nowitzki, dan Kobe Bryant. Namun anda juga bisa menguasai teknik ini dan menjadi nilai tambah untuk permainan basket yang anda kuasai.
Fadeaway Shot
Kobe Fadeaway Jumper, source foto:slamonline.com
Fadeaway Shot pada dasarnya adalah gerakan melontarkan tubuh kearah belakang untuk menciptakan ruang tembak yang lebih baik saat pemain lawan menempel ketat tepat didepan mata. Biasanya jika memaksakan untuk menembak bola tanpa melakukan kombinasi shot maka bola akan dengan mudah untuk diblok atau dicuri.

Menghadapi defender dengan tubuh yang lebih besar juga tidak mudah, apalagi jika mereka memiliki Leaping ability atau loncatan yang bagus, maka akan semakin susah untuk mencetak angka dari penjagaan mereka. Salah satu solusi yang banyak diambil yakni melakukan gerakan fadeaway, melontarkan tubuh kearah belakang dan menembakan bola tepat saat gerakan tersebut dilakukan. Efeknya tangan pemain lawan takkan mampu menjangkau shooting yang anda lakukan, dan paling tidak bola akan mampu melewati kepala mereka tanpa kena blok.

Sementara untuk menguasai teknik ini, anda perlu melatih shooting level midrange di semua area parimeter. Jika area midrange sudah dikuasai, maka anda baru mampu mengkombinasikannya dengan gerakan fadeaway ini.

Fadeaway dan Turnaround Jumper

Dua teknik ini seperti hal yang tak terpisahkan, seperti combo teknik dalam sebuah game. Untuk menciptakan ruang dari penjagaan satu orang ataupun double team, anda bisa memulainya dengan turnaround dulu sebelum kemudian mengeksekusinya dengan Fadeaway yang mematikan.

Gerakan ini bertambah unik dengan menambah signature move didalamnya. Dirk Nowitzki sangat piawai dan mempunyai brand khusus yakni One-Leg Fadeaway Shot. Berikut video Dirk menggunakan teknik menembak ini terutama saat membawa Dallas Maverics menjuarai NBA di musim 2010-2011.


Mampukah untuk melakukan shooting fadeaway secara konsisten? Tentu saja bisa, jika anda terus menggunakan skill tersebut dalam pertandingan resmi. Skill tersebut terbilang unguarded karena tak ada yang akan mampu menghentikan anda mencetak angka dengan metode tersebut kecuali akurasi tembakan itu sendiri. Jika anda memiliki postur tubuh yang tinggi, maka teknik ini akan semakin mematikan untuk dijadikan sebagai andalan dalam permainan.