Catch and Shoot dalam Basket - Teknik Menembak

Catch and Shoot adalah teknik release shot yang tanpa diawali oleh dribble dan pull up saat mendapatkan bola. Teknik ini sangat penting dikuasai oleh semua sharpshooter yang selalu berada pada spot-spot bagus seperti di corner, wing dan top of key area. Pemain yang berperan sebagai spot up shooter biasanya diisi oleh Shooting Guard dan Small Forward, namun seiring perkembangan jaman teknik ini juga bisa dikuasai oleh semua pemain dari berbagai posisi terutama untuk membuat permainan lebih cepat dan meminimalisir contested shot.
Catch and shoot
Klay Thompson, Catch and Shoot Player Terbaik
Wing player seperti SF, 3 and D player dan SG memiliki area operasi khusus yang harus selalu standby untuk menerima passing pemain lain terutama dari ball handler seperti point guard. Seketika saat bola menuju tangan, seorang shooter wajib memiliki target yang ingin dicapai yakni ring basket lawan. Sebagai shooter, akurasi tembakan untuk jenis catch and shoot ini juga harus bagus.

Cara Menjadi Catch and Shoot Player yang Baik

- Positioning, yakni satu kriteria yang paling penting untuk mengisi role ini. Sang pemain harus mendapatkan sesering mungkkin area bebas penjagaan, baik dari skema permainan ataupun pemanfaatan celah dari strategi double team lawan.
- Off Ball Movement, merupakan kepandaian pemain dalam menciptakan ruang yang tak terjaga. Biasanya pemain akan bergerak tanpa henti yang kemudian siap mendapatkan umpan matang di posisi tertentu.
- Release speed, semakin cepat bola ditembakkan maka akan semakin besar juga peluang untuk mendapatkan angka. Hal ini karena release shoot yang cepat akan dapat menghindari penjagaan ketat atau strategi antidipasi shooting.
- Akurasi, ini merupakan yang terpenting, karena secepat apapun release shotnya tidak akan menjadi apa-apa jika sang pemain tak memiliki spesialisasi menembak bola. Poin ini merupakan yang utama utk menjadi catch and shoot player yang bagus.
- Shooting Mechanism, merupakan gambaran posisi siku dan kesempurnaan release dan follow through saat melakukan shooting. Umumnya shooting mechanism yang bagus apabila dilakukan dengan sudut 90% dari bahu.  Kemudian dipadukan dengan skillset lain yang mendukung.

Catch and shoot player sangat valuable di Dunia Basket

Sharpshooter sangat dibutuhkan untuk tiap tim yang berupaya untuk menambah angka atau poin sebanyak banyaknya. Catch and shoot player biasanya diisi oleh 3-and-D dan wing player yang ada di tim.

Di NBA bahkan pemain dengan tipe ini benar-benar dicari, terutama untuk pemain yang mampu melakukan one on one defense yang baik, sehingga tim mampu mengcover area yang perlu untuk dijaga dari sisi pertahanan. 


Cara Melatih Catch and Shoot Skills

Hal pertama yang harus ditingkatkan untuk menguasai teknik ini yakni kemampuan menerima bola yang bagus, yang kemudian diteruskan dengan jumpshot dalam waktu sepersekian detik.

Metode latihannya bisa bersama pelatih basket atau rekan tim yang lain. Semakin tinggi akurasi dan tingkat keberhasilan, maka anda akan semakin siap untuk mengisi role ini.

Jika anda memiliki niatan untuk menguasai teknik ini, maka porsi latihan yang perlu ditambah adalah latihan menangkap bola dan menembak dengan release yang cepat berulang-ulang dari tiap sudut lapangan yang ingin dikuasai.